Tim asesor MTsN 2 BANTUL adakan Rakor jelang Supervisi Semester Gasal tahun pelajaran 2022/2023. (tim doc)

Tim asesor MTsN 2 BANTUL adakan Rakor jelang Supervisi Semester Gasal tahun pelajaran 2022/2023. (tim doc)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Kegiatan pembelajaran di semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 sudah memasuki bulan kedua. Sesuai rencana awal, tim asesor MTsN 2 Bantul akan segera melaksanakan kegiatan supervisi pada akhir bulan Agustus ini. Untuk menyamakan langkah dalam kegiatan tersebut, tim asesor mengadakan rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Musa Surahman, S.Ag selaku kepala MTsN 2 Bantul, Selasa (23/08) bertempat di Ruang Kepala Madrasah. Hadir dalam rakor tersebut Kepala Tata Usaha MTsN 2 Bantul, Siti Arifah, S.IP, tim asesor MTsN 2 Bantul yang terdiri dari Mulyorejoso, S.Pd, Lestari Supriyati, S.Pd.I, Dra. Muji Rahayu, Dra. Agustina Suhartati, Sri Hidayati, S.Pd dan Nurhayati, S.Ag.

Dalam memandu rapat koordinasi Musa Surahman menyampaikan pedoman supervisi tahun 2021 yang lalu berpedoman pada peraturan baru yaitu KMA No. 624 Tahun 2021 yang ditindaklanjuti dengan Bimtek. Menurut peraturan tersebut supervisi meliputi 3 jenis penilaian yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian. Adapun supervisi untuk tahun 2022 berpedoman pada SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6335 Tahun 2021. Sedikit ada perbedaan dengan perangkat administrasi sebelumnya, tetapi inti instrumennya hampir sama. Ada 6 instrumen yang harus dipersiapkan oleh tim asesor yaitu Pra Supervisi, Perencanaan Pembelajaran, telaah RPP, Pelaksanaan Pembelajaran, Pasca Supervisi dan Penilaian Pembelajaran. Untuk supervisi Perencanaan Pembelajaran meliputi 14 komponen, direncanakan mulai 25 Agustus – 3 SeSeptember 2022. Adapun supervisi Pelaksanaan Pembelajaran direncanakan pada bulan Oktober mendatang. Sedangkan supervisi Penilaian Hasil Pembelajaran akan dilaksanakan pada bulan Desember”, ungkap Musa Surahman. “Tentang program satu tahun ajaran, jadwal supervisi, perencanaan awal (undangan dan daftar hadir) dan instrumen yang akan digunakan sudah siap”, imbuhnya.

Mulyorejoso, salah satu tim asesor berharap semoga supervisi kali ini bisa berjalan lancar sesuai rencana yang diharapkan baik mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan maupun Penilaian nanti, karena bagaimanapun juga kondisi di madrasah sedang persiapan akreditasi perpustakaan yang sangat mempengaruhi jalannya roda pembelajaran di madrasah. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.