Tim Puskesmas Jetis meninjau kantin. (Dok.agt)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Pelayanan Kesehatan Lingkungan adalah kegiatan atau serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat baik dari aspek fisik, kimia, biologi, maupun sosial guna mencegah penyakit dan/atau gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh faktor risiko lingkungan. Tim dari Puskesmas Jetis Bantul, Ibu Laras dan Ibu Janis berkunjung ke MTsN 2 Bantul, Kamis (29/02/2024). Mereka melaksanakan Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan madrasah tersebut sebagai wujud pelayanan kesehatan lingkungan yang dilakukan oleh Puskesmas.

Tinjauan IKL di salah satu kelas. (Dok.Agt) 

“Dari hasil IKL dan PHBS yang kami lakukan, ¬†pencahayaan di salah satu kelas masih kurang. Hasil pemeriksaan pencahayaan baru 60-100 lux, sedangkan pencahayaan normal antara 200-300 lux. Selanjutnya kamar mandi putra paling ujung terdapat jentik nyamuk. Tempat sampah sudah terpilah dengan baik tetapi masih ada yang terbuka, mohon bisa ditutup. Bagus sekali tidak ada warga madrasah yang merokok di lingkungan madrasah,” ungkap Laras. “Untuk kantin makanan sudah banyak yang homemade bagus. Minuman yang dijual masih ada yang memakai pewarna, saran kami jual minuman jus buah lebih baik. Variasi makanan masih perlu, belum ada buah. Tempat sampah ada yang belum tertutup, karena ketika kami datang ada makanan yang belum tertutup. Sebaiknya alat masak yang diugnakan juga disimpan di tempat yang tertutup juga, takutnya tikus kencing di alat makan agar terhindar dari virus Lepto dari tikus. Sebaiknya alat-alat makan dicuci lagi pakai sabun sebelum digunakan,” imbuhnya.

Tim Puskesmas menyampaikan hasil IKL dan PHBS. (Dok.agt) 

Tim dari Puskesmas menyampaikan hasil temuannya kepada Kepala Madrasah, yang diwakili oleh Agustina, Waka Humas dan Agus Purnomo, penanggung jawab UKS. “Kami ucapkan terima kasih kepada Tim dari Puskesmas atas kerjasamanya, hasil temuan ini nanti akan kami sampaikan kepada Kepala Madrasah untuk segera ditindaklanjuti. Semoga ke depannya kesehatan lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan MTsN 2 Bantul semakin baik,” pungkas Agustina. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.