Pustakawan MTsN 2 Bantul bimbing para calon pustakawan kecil.(dok:pribadi)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Dalam kegiatan workshop yang diadakan oleh Perpustakaan Daarul ‘Ilmi MTsN 1 Bantul, Dian Fitri Ningrum merupakan pustakawan asal MTsN 2 Bantul mendapat amanah untuk menjadi salah satu nasarumber. Dalam kegiatan kali ini Dian Fitri membawakn materi terkait perpustakaan sekolah. Materi ini menjadi materi pembuka dari materi yang lain.

Kamis (29/02/2024) di ruang rapat madrasah MTsN 1 Bantul, kegiatan yang dihadiri oleh 44 siswa ini dimulai tepat pukul 09.00. Ke-44 siswa yang hadir merupakan siswa-siswa terpilih menjadi pustakawan cilik MTsN 1 Bantul. Pada materinya Dian Fitri mengajak siswa untuk berdiskusi terkait pengertian perpustakaan sekolah, pustakawan dan juga peran pustakawan. Materi yang telah disiapkan disesuaikan dengan audien. “Kami gunakan bahasa yang ringan, dan juga banyak menerapkan ke contoh nyata. Agar lebih mudah dipahami dan juga dipraktikkan siswa,” terang Dian.

“Persiapan yang pasti, tadi malam saya buka kembali slide nya, saya baca kemudian saya implementasikan contoh-contoh realnya. Dan juga banyak membaca referensi-referensi terkait,” imbuh Dian ketika di wawancarai tim publikasi.

Dian menerangkan bahwa pada dasarnya ia bukan dan belum bida dikatakan sebagai narsaumber. “Ilmu saya masih dangkal, kita diskusi. Sama-sama belajar. Saya belajar dari siswa dan begitu juga sebaliknya. Seru belajar bareng sama siswa. Ternyata selama ini siswa memiliki rancangan dan juga program-program yang sebenarnya mereka inginkan untuk perpustakaan,” terang Dian sembari menulis laporan.

Diakhir sesi pemaparan materinya, tak luput Dian memberi beberapa pertanyaan yang terkait dengan pengertian perpustakaan sekolah, pustakawan dan juga peran pustakawan. Dian berharap dengan adanya kegiatan seperti ini siswa lebih memahami maknanya sehingga siswa semakin semangat untuk menjadi pustakawan kecil di madrasahnya. (dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.