Kelas IX A foto bersama sebelum display. (Dok.enn) 

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Masih dengan moment kirab budaya menuju puncak Harlah ke-56 MTsN 2 Bantul. Kali ini tim jurnalistik menuju ke kelas IX A. Menampilkan konsep kisah romantis Rama-Shinta kelas IX A berhasil tampil dengan kompak. 

Dengan tajuk “The War of Java, The Love Story Rama Shinta”.kelas IX A mengonsep kirab budaya ini dengan apik, lengkap dengan Rama- Shinta, Anoman, Rahwana dan juga prajurit-prajurit kerajaannya.  Pada moment ini Rama diperankan oleh Restu Danu, Shinta diperankan oleh Azzahra Sekar, Ahmad Zaki memerankan Hanoman, dan juga Rizki Akbar menjadi Rahwana. Mereka kompak mengenakan busana sesuai peran masing-masing. 

Raksasa Hanoman menyulik Shinta. (Dok.enn) 

Sementara itu, Mutia selaku narasumber kelas IX A menjelaskan konsep kelasnya, “pada jaman dahulu kala hiduplah sepasang raja dan ratu yang tampan dan cantik, mereka adalah Rama dan Shinta, kerajaan ini memiliki panglima perang bernama Hanoman berupa seekor kera yang cerdik dan tangguh. Suatu hari saat Rama dan Hanoman bersama pasukan pergi berburu dan Shinta sedang duduk di taman kerajaan, saat Shinta sedang lengah raksasa yang bernama Rahwana pun menculik shinta karena telah lama mengincar Shinta. Sepulang Rama dan Hanoman dari berburu, Rama pun panik karena tidak menemukan istrinya dan dia sudah tahu bahwa yang menculik Shinta pujaan hatinya adalah si raksasa Rahwana, Rama mengutus Hanoman untuk membawa kembali Shinta ke kerajaan,” jelasnya gamblang.

Display kelas IX A, Hanoman melawan Rahwana. (Dok.enn) 

Raihanah, selalu wali kelas mengaku bangga atas kerjasama siswanya. “Tanggapan saya sebagai wali kelas saya sangat kagum dengan kekompakan anak-anak dalam mempersiapkan kirab yang sangat luar biasa. Sehingga acara ini bisa sukses, dan saya berterimakasih juga kepada orang tua yang sangat mendukung kegitan ini sehingga terasa ringan. Anak-anak kita punya kratifitas yang sangat bagus. Harapan kedepannya anak bisa melestarikan kebudayaan daerah atau kearifan lokal yg ada lingkungannya,” ungkap Raihanah kagum. (Dee) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.