Kamad MTsN 2 Bantul pantau kegiatan donor darah. (Dok.ist) 

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Masih dalam rangkaian HAB ke-56 MTsN 2 Bantul, Senin (26/02/2024) diadakan kegiatan donor darah yang dimulai pukul 09.00 bertempat di ruang UKS. Kegiatan ini diikuti oleh 23 orang pendonor yang antara lain terdiri dari Guru, Karyawan, Wali Siswa, Alumni, dan Masyarakat umum di sekitar MTsN 2 Bantul. Dari 23 orang pendonor yang hadir tersebut, 19 orang  diantaranya berhasil menjadi pendonor dan 4 orang lainnya tidak memenuhi syarat sebagai pendonor.

Dalam pelaksanaannya, MTsN 2 Bantul bekerjasama dengan PMI Bantul dalam kegiatan donor darah ini. Seperti diungkapkan oleh salah satu nakes dari PMI Bantul, tujuan donor darah adalah untuk kepentingan sosial dan kemanusiaan. Prosedur ini berada di bawah pengawasan Palang Merah Indonesia (PMI) dan telah dijamin keamanannya dalam UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Namun begitu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pendonor sebelum mendonorkan darahnya, antara lain : sedang dalam kondisi sehat (baik jasmani maupun Rohani), tekanan darah normal, yakni 100/70–150/80 mmHg, kadar hemoglobin normal (sekitar 12,5–17 g/dL dan tidak lebih dari 20 g/dL), bersedia mendonorkan darah secara sukarela (dibuktikan dengan mengisi formulir persetujuan) dan jarak waktu dari donor terakhir minimal 3 bulan.

Adhitya sedang chek sebelum donor darah. (Dok.nfa) 

Selain untuk kepentingan sosial dan kemanusiaan, kegiatan donor darah ini juga membawa manfaat bagi pendonornya, antara lain dapat mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Pihak madrasah foto bersama dengan PMI Bantul. (Dok.sus)

“Alhamdulillah kegiatan donor darah dapat berjalan lancar, saya sangat berterimakasih kepada bapak/ibu yang telah bersedia menjadi pendonor. Semoga kegiatan ini memberikan keberkahan bagi kita semua,” ucap Isti Bandini selaku Kepala MTsN 2 Bantul. (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.