Kakanwil Kemenag DIY dan Kankemenag Bantul mengunjungi pameran liretasi dan karya siswa. (Dok. nfa)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Selasa (27/02/2024) seusai memberikan sambutan dalam acara Wisuda Tahfidz di MTsN 2 Bantul, Masmin Afif, selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, didampingi oleh Ahmad Shidqi, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul, dan Isti Bandini, selaku Kepala MTsN 2 Bantul menuju ke Ruang Perpustakaan untuk melihat Pameran Karya dan Literasi Siswa yang di pajang dengan apik di sisi timur ruangan. Ada banyak karya yang dipamerkan dalam ruangan tersebut, antara lain: batik shibori, batik kombinasi, kerajinan limbah plastic, kerajinan topeng, kaligrafi aksara Jawa, seni grafis cetak datar, seni grafis cetak stensil, seni lukis dan karya literasi (buletin, buku antologi puisi, dll).

Kakanwil Kemenag DIY sedang membaca antologi puisi. (Dok. nfa)

Begitu memasuki ruangan, Masmin Afif terlihat takjub dengan karya-karya  siswa MTsN 2 Bantul yang dipamerkan. Siti Nurjannah selaku Guru Seni Rupa dan Koordinator Pameran, memberikan kesempatan kepada Masmin Afif dan Ahmad Shidqi untuk menggoreskan lilin malam dan membuat pola dalam selembar kain untuk membatik.

Kakanwil Kemenag DIY membatik di ruang pameran. (Dok.nfa)

Beranjak ke sisi lain ruangan, Masmin Afif mengamati bermacam-macam motif batik shibori. “Bagaimana cara membuat motif seperti ini (batik shibori),” tanyanya. “Proses pembuatan shibori dimulai dengan melipat kain putih dengan bentuk segitiga atau segi empat sesuai pola yang diinginkan, kemudian diikat dengan karet. Pada tahap pewarnaan dilakukan dengan melarutkan pewarna kain jenis remasol ke dalam air, macam warna disesuaikan dengan motif yang diinginkan,” jawab Siti Nurjannah menjelaskan prosesnya.

Kakanwil Kemenag DIY mengisi buku tamu saat pameran literasi dan karya siswa. (Dok.nfa)

Sambil mengamati karya lainnya, Masmin Afif meraih buletin yang diletakkan di meja di tengah ruangan. Beliau juga mengambil dan membaca buku antologi puisi karya siswa MTsN 2 Bantul. Setelah beberapa lama mengamati karya-karya siswa MTsN 2 Bantul, beliau berpamitan untuk beranjak ke acara berikutnya. Namun tak lupa, beliau mengisi buku tamu dan menuliskan pesan dan kesannya. “Rawat dan tingkatkan potensi dan ketrampilan yang sudah ada,” tulisnya. (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.