Kamad Isti sedang memberikan sambutan. (Dok. nfa) 

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Wisuda tahfidz sudah menjadi agenda tahunan di MTsN 2 Bantul. Tahun ini, sebanyak 112 siswa diwisuda pada Selasa ( 27/02/2024). Dari 112 siswa tersebut, 27 siswa diantaranya telah hafal 1 juz, 56 siswa telah hafal 2 juz, dan 29 siswa telah hafal 3 hingga 6 juz. Tampil memberikan sambutan dalam acara tersebut, Isti Bandini, selaku Kepala Madrasah menyampaikan program unggulan MTsN 2 Bantul, yaitu Tahfidz, Riset, dan Literasi. 

“Program Tahfidz MTsN 2 Bantul bahkan telah diakui oleh Kanwil DIY sebagai program terbaik, sehingga dalam Raker Bidang Dikmad tahun 2023, sistem tahfidz  kami menjadi piloting pelaksanaan mandatory Madrasah Tahfidz di DIY, ” ungkap beliau dalam sambutannya. Beliau juga menambahkan, prestasi di bidang tahfidz tertinggi pernah  diterima yaitu terpilih sebagai Duta Inspiratif Kemenag RI, inovasi program tahfidz di Madrasah Tingkat Nasional dengan strategi ‘sutil hama jumur tutor’.

Kasi Dikmad Kemenag Bantul dan Kamad MTsN 2 Bantul foto bersama dengan wisudawan tahfidz. (Dok. nfa) 

Isti Bandini juga menjelaskan mengenai prestasi MTsN 2 Bantul di bidang Riset dan Literasi. Di bidang Riset, Madrasah ini sudah menghasilkan para peneliti muda yang bertalenta dan siap bersaing di perlombaan Karya Ilmiah. Beberapa prestasi yang pernah diterima oleh siswa MTsN 2 Bantul yaitu : 6 siswa memperoleh penghargaan sebagai Honrable Mention NEPC pada tahun 2022, Juara 2 & 3 Scientist Camp Tingkat Nasional tahun 2023, dan masuk nominasi MYRES Tingkat DIY tahun 2023. Di bidang Literasi, Madrasah ini telah melaksanakan Program Literasi secara rutin an berkesinambungan, serta telah menghasilkan beberapa judul buku dan antologi puisi.

Pada keesempatan ini, Isti Bandini juga membeberkan prestasi Madrasah di bidang Non Akademik, Olah Raga dan Seni. “Prestasi lainnya yang telah Madrasah kami peroleh yaitu: mendapatkan nila A pada Akreditasi Perpustakaan tahun 2022, meraih Juara II Pencak Silat Tingkat DIY tahun 2023, mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata Kabupaten Bantul tahun 2023, 10 besar terbaik pelaksanaan PEMILOS Tingkat Kabupaten Bantul antar SMP-SMA tahun 2023, Juara I Lomba PMR tingkst DIY tahun 2023, Juara III Bulutangkis rangka PKM Tingkat Kabupaten Bantul,” jelasnya. Mengakhiri sambutan, beliau memohon kepada Kakanwil DIY untuk memberikan arahan dan pembinaan. Beliau juga meminta tausiyah dan doa pada KH. Bardan Usman, untuk memohonkan kepada Allah SWT supaya MTsN 2 Bantul semakin maju, berprestasi dan dirahmati. Tak lupa, beliau juga berterimakasih kepada Bapak/Ibu yang telah hadir. (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.