Sebagian Siswa MTsN 2 Bantul foto bersama di kebun kurma. (Dok.Agt) 

Pasuruan (MTsN 2 Bantul) – Kurma identik sebagai buah yang tumbuh di wilayah Timur Tengah. Namun, tak banyak yang tahu kalau kurma juga bisa tumbuh di Indonesia. Dibuka pada 1 Januari 2017, kurma di Indonesia bisa tumbuh subur di Wisata Kebun Kurma Pasuruan, tepatnya di Dusun Karanglo, Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Di kawasan seluas 6,3 hektar, ratusan pohon kurma tumbuh dan berbuah lebat. Rasa keingintahuan yang tinggi untuk mengetahui tempat tersebut mendorong rombongan untuk berkunjung ke sana.

Kebun kurma tampak depan. (Dok. Agt) 

Perjalanan hari kedua outing class MTsN 2 Bantul, Ahad (18/02/2024) mengunjungi Kebun Kurma tersebut, Kunjungan kali ini kurang beruntung karena pohon kurma sedang tidak berbuah karena belum musimnya. Menurut salah satu pegawai yang bisa ditemui tim publikasi mengatakan bahwa sekitar bulan Agustus pohon-pohon kurma tersebut barulah berbuah. Jika pas musim berbuah, buahnya dapat langsung dinikmati oleh para pengunjung. Untuk bisa berkeliling menikmati hamparan pohon kurma, pengunjung bisa menyewa andong, sepeda atau naik mobil khusus dengan membayar sedikit biaya. Selain itu mereka juga bisa menikmati sejumlah wahana diantaranya sepeda udara, helikopter, kereta kelinci, flying fox, miniatur Ka’bah, dan masih banyak lagi yang lain.

Siswa naik miniatur pesawat yang merupakan sentra souvenir. (Dok. Agt)

Rombongan outing class hanya berkeliling menikmati hamparan pepohonan dengan sesekali berfoto di spot-spot yang disediakan oleh pemilik kebun. Sebagian siswa ada yang cuma duduk-duduk santai karena cuaca yang cukup panas, tetapi sebagian yang lain berkeliling kebun dengan menyewa sepeda dan naik kendaraan. Sedangkan sebagian yang lain menikmati wahana yang ada di lingkungan Kebun Kurma. Sekitar 2 jam rombongan menikmati suasana kebun. Banyak ilmu yang didapat dari kunjungan tersebut yakni tentang cara penanaman, jenis-jenis kurma, dan manfaat dari buah kurma dengan informasi-informasi yang dipajang di setiap sudut Kebun Kurma. Sebelum meninggalkan kebun, pengunjung bisa membeli oleh-oleh kurma. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.