Guru SBK Mulyo Rejoso sedang ajari membatik (Dok. pribadi)

Bantul (MTsN 2 Bantul) — Di Indonesia, pendidikan dengan tujuan mencerdaskan bangsa dapat dilihat dari berbagai aspek. Tidak semata aspek kognitif yang harus dilihat melainkan, aspek lainnya yang harus dieksplorasi. Satuan pendidikan dengan salah satu tugasnya mengeksplorasi dan mengembangkan kecerdasan yang beraneka ragam (multiple intelligent) dari peserta, semestinya telah mempersiapkan program kerja baik tentatif ataupun regular pada setiap aspek kecerdasan yang ada. 

Kegiatan pembelajaran reguler harian, ekstra kurikuler, kegiatan tengah semester, peringatan hari besar, dan beberapa kegiatan lain, secara subtantif diarahkan untuk mengasah multiple intelegent yang dimiliki dari setiap anak didik. Salah satunya, kegiatan pelatihan keterampilan (life skill) adalah membatik.

Penerapan keterampilan membatik juga mampu membentuk profil pelajar Pancasila sesuai dengan implementasi kurikulum merdeka terutama dalam kewirausahaan. Seperti pelajaran membatik yang tertuang dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keteram;ilan (SBK) di MTsN 2 Bsntul diikuti dengan antusias oleh siswanya. Kegiatan dilaksanakan terinklude pada pelajaran SBK tersebut. Kegiatan pelatihan life skill membatik tersebut bertujuan agar siswa dapat mengembangkan bakat yang dimiliki, mencintai lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada dan memperoleh bekal keterampilan untuk terjun di masyarakat serta membentuk karakter wirausaha para siswa.

Guru SBK penngampu pelajaran membatik MTsN 2 Bantul Mulyo Rejoso dengan tekun memberikan pelajaran membatik kepada anak didiknya. Guru senior Matsandaba tersebut pada Kamis (15/2/2024) saat ditemui pembuat berita menjelaskan bahwa dirinya memberikan pelajaran batik secara profesional.

“Saya menginginkan anak-anak bias menghasilkan karya batik yang professional dan laku di pasaran,” tuturnya.

Sementara itu Kepala MTsN 2 Bantul Isti Bandini, S.Pd, M.Pd. mengaku senang dengan dilakukannya pelajaran membatik di mapel SBK dan berharap program tersebut mampu mencetak generasi muda yang berbakat dalam wirausaha serta terampil membatik. (ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.