Sambutan Kasi Dikmad dalam acara MGMP Bahasa Inggris. (Dok. agt)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Inggris MTs Se-Kabupaten Bantul selenggarakan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) MGMP Paket 1. Rencana kegiatan direncanakan 4 kali pertemuan. Pertemuan pertama diselenggarakan di MTsN 1 Bantul pada hari Selasa (12/02/2024) pada pukul 09.00 WIB sampai selesai. 

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh pengurus dan anggota MGMP Bahasa Inggris termasuk di dalamnya 3 guru Bahasa Inggris MTsN 2 Bantul, Agustina Suhartati, Susanti dan Sumartini. Narasumber dalam pertemuan pertama, materi pertama adalah Ahmad Musyadad, S.Pd.I,M.S.I, Kasi Dikmad Kemenag Bantul. Materi yang disampaikan adalah Moderasi Beragama.

Dalam paparannya Ahmad Musyadad menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan moderasi beragama ini adalah cara pandang, sikap untuk rukun, saling menghormati, menjaga dan bertoleransi tanpa harus menimbulkan konflik karena perbedaan yang ada. “Moderasi beragama itu bukanlah upaya memoderasikan agama tetapi memoderasikan pemahaman dan pengalaman kita dalam beragama,” tandasnya. 

“Program penguatan moderasi beragama merupakan salah satu Kebijakan Prioritas Kementerian Agama,” ungkap Musyadad. Lebih lanjut ia memaparkan, “Terdapat empat pilar utama yang harus dipahami oleh masyarakat dalam program moderasi beragama dan akan terus disosialisasikan yakni komitmen kepada nilai kebangsaan, menjaga toleransi, anti kekerasan, dan menjaga kearifan lokal,” imbuhnya.

Pemaparan terkait materi moderasi beragama dalam acara MGMP Bahasa Inggris. (Dok. agt)

Susanti, salah satu guru Bahasa Inggris MTsN 2 Bantul sekaligus pengurus MGMP, ketika ditemui tim publikasi madrasah menjelaskan bahwa pertemuan KKG MGMP ini sangat penting dan bermanfaat karena narasumber menjabarkan tentang Moderasi Beragama dengan cukup jelas. Karena pentingnya kegiatan ini, saya pribadi akan selalu berusaha untuk aktif hadir mengikuti setiap pertemuan,” pungkas Susanti. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.