23 Februari 2024

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Guru bahasa Inggris MTsN 2 Bantul, Agustina Suhartati ikuti kegiatan bimtek pemantapan guru mata pelajaran (mapel) bahasa Inggris kelas IX yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bantul. Agenda yang bertajuk Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemantapan Mata Pelajaran (Mapel) Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) diselenggarakan di SMP Negeri 1 Jetis Bantul pada hari Senin (12/02/2024) mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Hadir dalam acara tersebut mewakili Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Himawan Sulistyo, M.Pd, Kasi Kurikulum dan Pendidikan Karakter SMP.

Dalam sambutannya, Himawan mengatakan, “Berbicara tentang  ASPD, tahun kemarin hasil ASPD mengalami penurunan. Penurunan ini mungkin disebabkan banyak faktor. Bisa karena siswa-siswi kelas IX kemarin angkatan masuknya bersamaan dengan pandemi covid-19, mungkin itu merupakan salah satu penyebab. Di tahun 2022 semua mapel mengalami peningkatan, kecuali bahasa Inggris. Kemudian di tahun 2023 menurun lagi dan yang naik hanya di Kota Yogyakarta,” ungkap Himawan.  “Kemarin saya sempat ngobrol dengan beberapa guru Bahasa Inggris, ternyata banyak sekali faktor penyebabnya, tidak hanya dari intern siswa tetapi dari level soalnya juga.  Seharusnya tingkatannya diturunkan, disesuaikan dengan umur anak-anak SMP. Karena level soal bisa mempengaruhi nilai siswa,” ungkap Himawan. “Bapak ibu, kemarin saya belum sempat sharing dengan guru-guru Bahasa Inggris, jadi kami tidak tahu kalau tingkat kesulitan soalnya ternyata berpengaruh. Makanya ketika saya dipanggil Bapak Kepala Dinas, bagaimana bahasa Inggris dari tahun ke tahun menurun hasil ASPDnya. Saya sampaikan salah satu faktornya adalah dari segi soal,” ungkap Himawan.

“Besok saya diundang ke provinsi, saya akan menyuarakan terkait penyebab menurunnya nilai rata-rata Bahasa Inggris. Nanti soalnya biar disesuaikan levelnya, soal bukan untuk anak SMP tetapi dipaksakan dikerjakan di jenjang SMP sehingga akan mempengaruhi tingkat kesulitan dalam mengerjakan soal. Nanti akan kita sampaikan keluhan bapak ibu,” imbuhnya.

“Selamat mengikuti kegiatan pada pagi siang hari ini jangan ada yang bolos Bapak Ibu sampai nanti jam 17.00. Yang penting semua materi tersampaikan dan bapak ibu bisa memahami dengan baik. Dengan adanya bimtek pemantapan mapel ASPD ini bapak ibu nanti diharapknan bisa lebih paham, bisa lebih melihat soalnya seperti apa yang kemarin sehingga nanti anak-anak itu bisa lebih memahami soal bahasa Inggris,” pungkas Himawan mengakhiri sambutannya.

Agustina menyimak apa yang disampaikan oleh Kasi Kurikulum SMP tersebut, dan bertekad untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap soal-soal yang mereka hadapi dan senantiasa meningkatkan kompetensi diri agar pencapaian nilai rata-rata ASPD Bahasa Inggris meningkat. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.