23 Februari 2024
Pemaparan materi tentang asesmen literasi. (Dok. agt)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Pukul 13.00 WIB, Bimtek Pemantapan Materi ASPD bahasa Inggris yang diselenggarakan Dinas Dikpora Kabupaten Bantul bekerjasama dengan MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Bantul pada Senin (12/02/2024) di SMP Negeri 1 Jetis masih berlangsung. Narasumber kedua adalah Dwi Nartini, M.Pd, guru bahasa Inggris SMP Negeri 4 Pakem. Dwi Nartini merupakan salah satu anggota tim penulis naskah soal ASPD juga. Materi yang akan dipaparkan oleh nartini adalah Asesmen Literasi. Agustina Suhartati, guru Bahasa Inggris MTsN 2 Bantul masih setia mengikuti pemaparan materi yang disampaikan narasumber.

“Literasi adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat,” jelas Dwi Nartini mengawali paparannya. ┬áIa menyampaikan materi Asesmen Literasi. “Sebelum penyusunan soal,guru harus membuat kisi-kisi soal terlebih dahulu. Adapun yang harus ada dalam kisi soal adalah Konten, Konteks, Konteks, Proses Kognitif, Materi, Indikator Soal, Bentuk Soal dan Nomor Soal. Ini semua bertujuan untuk mempermudah atau sebagai pedoman dalam penyusunan soal,” jelas Dwi.

Peserta bimtek fokus perhatikan pemaparan materi.(Dok. agt)

Di sela-sela pemaparannya, Nartini menyelipkan pesan bahwa sebagai seorang guru harus paham terhadap soal, tidak hanya bisa menjawab soal saja. “Bagaimana cara membuat siswa agar siap menjawab soal adalah memfasilitasi siswa dengan text type (jenis teks) dan juga types of question (jenis pertanyaan). Karena dasar untuk menjawab soal siswa harus tahu jenis teks terlebih dahulu,” imbuhnya. Di akhir pemaparannya ia mengajak para guru untuk praktik menyusun kisi-kisi penulisan soal. Agustina mendapatkan tugas menyusun soal nomor 7. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.