23 Februari 2024

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul (Dinas Dikpora) mengundang 100 guru mata pelajaran ASPD SMP/MTs se-Kabupaten Bantul dalam acara Koordinasi Peningkatan Capaian Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) Literasi pada Senin (5/2/2024). Acara dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jetis Bantul. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Drs. Isdarmoko, M.Pd, M.M.Par, Pengawas SMP Dinas Dikpora Bantul, Ramea Agus Purnama, M.Pd, dan Narasumber  Susi Daryati, MPd, Kepala SMP Negeri 2 Sewon Bantul. MTsN 2 Bantul mendapatkan jatah dua guru untuk mengikuti agenda ini, mereka adalah Sumartini, guru Bahasa Inggris dan Siti Rofiqoh, guru IPA.

Drs. Isdarmoko, M.Pd., M.M.Par dalam sambutannya menyampaikan bahwa ASPD menjadi salah satu tolok ukur keseriusan daerah dalam menangani isu-isu pendidikan. ASPD menjadi simulasi untuk prestasi-prestasi peserta didik, pendidik, pengawas, dan satuan pendidikan di kancah nasional. “Kita ingin mendorong kabupaten Bantul untuk selalu berprestasi. Peserta didik, pendidik, pengawas, dan satuan pendidikan harus berlomba untuk terus menjadi baik dan lebih baik lagi dari hari ke hari. Dengan Bimtek ini harapannya hasil ASPD lebih meningkat lagi di tahun ini,” tandas Isdarmoko.

Susi Daryati, dalam paparannya menyampaikan tentang kiat-kiat agar nilai  ASPD  siswa nantinya bisa lebih meningkat. “Kiat pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengumpulkan soal-soal ASPD dari berbagai Try Out, selanjutnya siswa diberikan drill dengan soal-soal yang low, sedang dan hot agar siswa semakin paham dan bisa membedakan mana soal yang mudah, sedang dan sulit. Kemudian guru juga harus senantiasa memotivasi siswanya agar sering-sering banyak membaca,” jelas Susi.

Sumartini dan Rofiqoh menyambut baik undangan dari Dinas Dikpora ini, mereka bisa mengambil manfaat dari Bimtek yang diikutinya. Mereka bertekad untuk senantiasa meningkatkan prestasi mapel ASPD yang diampunya. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.