23 Februari 2024

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Dalam rangka memeriahkan hari lahir (Harlah) madrasah, MTsN 2 Bantul (Matsandaba) selenggarakan rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-56. Kegiatan semarak HAB diawali dengan kegiatan sepeda sehat ceria yang dilaksanakan pada hari Rabu, 31 Januari 2024 bertepatan dengan tanggal lahir MTsN 2 Bantul 56 tahun yang lalu. Informasi terkait kegiatan sepeda sehat disampaikan oleh Waka Kesiswaan, Tugiyo dua hari sebelumnya dan disambut dengan tepukan yang meriah dari seluruh siswa. Mereka menyambut sukacita agenda tersebut yang jarang dilaksanakan oleh madrasah selama ini, apalagi lokasi akhir yang diambil adalah obyek wisata Embung Imogiri.

Rabu pagi suasana tampak berbeda di MTsN 2 Bantul, halaman madrasah dipenuhi oleh ratusan sepeda anak-anak yang siap mengikuti sepeda sehat. Tidak menyangka ternyata siswa yang setiap harinya diantar oleh orang tua mereka, hari Rabu bisa membawa sepedanya masing-masing untuk mengikuti agenda sepeda sehat, apalagi semesta juga mendukung kegiatan, cuaca cerah padahal dua hari sebelumnya setiap pagi hujan. Seperti rowndown sebelumnya, kegiatan pagi diawali dengan sholat Dhuha berjamaah. Usai shalat, lantunan doa untuk madrasah yang telah genap berusia 56 tahun diamini oleh seluruh jamaah, dipimpin oleh Ahmad Daris Musthofa selaku koordinator keagamaan Matsandaba. Kamad Isti Bandini juga memberikan arahan pada siswa agar tertib dan sopan di dalam perjalanan, “Pesan saya, anak-anak dalam perjalanan nanti bisa menjaga ketertiban dan berlaku sopan, jaga nama baik madrasah kita dan tunjukkan bahwa anak-anak MTsN 2 Bantul adalah anak-anak yang berakhlakul karimah,” pesan Isti.

Tepat pukul 07.45 WIB, dengan ucapan Basmalah, Isti Bandini mengibarkan bendera melepas keberangkatan siswa menuju ke lokasi wisata Embung Imogiri. Sebelumnya Yoyok, sapaan akrab Waka Kesiswaan Matsandaba menyampaikan tata tertib dan juga rute yang akan dilalui oleh para peserta sepeda sehat ceria. Anak-anak juga diminta untuk mengambil nomor undian doorprize yang sudah disiapkan oleh tim doorprize.

Di lokasi Embung Imogiri, acara dipandu oleh Agus Purnomo, guru BK. Siswa disuguhkan dengan orgen tunggal oleh Bagus Kurniawan, guru BK juga. Seldnadia, siswa kelas 9B mengawali pentas dengan menyumbangkan sebuah lagu dengan merdunya. Di sela-sela pentas anak-anak dibagikan doorprize yang disambut suka cita oleh anak-anak yang nomornya dipanggil. Tepat pukul 10.30 WIB acara ditutup karena cuaca sudah semakin panas. Semua peserta meninggalkan lokasi, ada siswa yang langsung pulang ke rumah, ada yang masih kembali ke madrasah. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.