23 Februari 2024
Pembiasaan Literasi religi di MTsN 2 Bantul. (Dok.nfa) 

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Literasi, merupakan kemapuan seseorang dalam memahami, mengolah, maupun  menyampaikan suatu informasi. Kegiatan ini dicanangkan oleh Perpusnas RI melalui beberapa kegiatan. Salah satunya dengan meningkatkan indeks literasi masyarakat, menggandeng sekolah maupun madrasah melalui GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dengan memberikan donasi buku, mengadakan seminar maupun webinar terkait penguatan literasi dan juga mengadakan akreditasi perpustakaan sekolah.

 Madrasah yang memiliki tageline ceria berprestasi ini, selalu berupaya untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan yang berbasis literasi. Sala satunya mengadakan program Senin Literasi. Kegiatan ini diselenggarakan setiap Senin. Seperti pada Senin (29/01/2024), MTsN 2 Bantul mengobarkan semangat literasi. Pada kesempatan ini bertepatan dengan kegiatan ‘Semangat” (Semakan Minggu Terakhir). Siswa kemudian didampingi untuk tadarus Al-Qur’an.

Siswa sedang membaca Al-Qur’an, sebagai salah satu bentuk pembiasaan literasi religi. (Dok.nfa) 

Beberapa kegiatan MTsN 2 Bantul yang  bertemakan literasi religi diantaranya, memperdengarkan Asmaul Husna di setiap pagi sebelum kegiatan pembiasaan pagi dimulai, kegiatan ‘Semangat’, membaca Al-Qur’an setiap pergantian jam pelajaran dan juga kegiatan lainnya. Hal ini tentunya sebagai salah satu usaha madrasah guna mencapai visi misi madrasah unggul dalam riset, tahfidz, dan literasi. 

Pada kegiatan kali ini semua siswa membaca surah Al-Baqarah ayat 1-141 atau juz 1. Semua siswa membaca. Ada yang menggunakan Al-Qur’an bersama dengan temannya, ada juga yang menggunakan perangkat HP. Siswa dengan tertib mengikuti kegiatan pembiasaan ini. 

Afrita Intan, siswa kelas IX E yang sempat diwawancarai tim publikasi, mengaku senang dengan kegiatan ini. “Ada banyak ragam literasi di MTsN 2 Bantul, ada membaca setiap Senin, ada literasu religi. Semoga kegiatan literasi bisa membudaya di MTsN 2 Bantul, ” ucapnya antusias. (Dee) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.