23 Februari 2024
Bagus sedang memberi motivasi belajar siswa. (Dok. stj)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Kegiatan refleksi yang sejatinya bertujuan untuk mengetahui kelemahan dan juga kelebihan dalam sebuah proses pembelajaran. Siswa dapat menyampaikan dan mengekpresikan kesan pesan secara konstruktif dan juga secara eksploratif. Dari segi guru, seorang guru dapat menilai kelebihan serta kekurangan terkait siswa itu sendiri, metode yang digunakan dan juga faktor lain. Sehingga, harapan setelah adanya suatu refleksi dapat memaksimalkan potensi yang ada dan juga meminimalkan kendala yang ada, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.

Tim BK MTsN 2 Bantul yang diwakilkan oleh Bagus Kurniawan, S.Pd. selaku guru BK kelas VII ini, kemarin melaksanakan kegiatan refleksi terkait pembealajaran P5P2RA dengan tema membatik. Kegiatan yang diadakan di Mushola itu diikuti oleh semua siswa kelas 7. Kamis (26/01/2024) Bagus mengawali kegiatan berdurasi 2 jam pelajaran ini dengan memberikan sambutan, kalimat motivasi, serta mengulas materi terkait dengan tema (membatik).  Keadaan siang yang cerah itu secerah semangat Bagus untuk membersamai siswa.

Siswa menyampaikan kendala dalam pembelajan P5P2RA. (Dok. stj)

Dalam refleksi kali ini, siswa diberikan beberapa pertanyaan terkait pembelajaran P5P2RA tema batik . Dalam angket tersebut siswa diminta menuliskan ¬†kendala dan juga manfaat yang dihadapi ketika pembelajaran P5P2RA . Selain itu, Bagus juga membagikan 5 pertanyaan terkait dengan refleksi. Kemudian setelah menjawab angket, siswa diajak untuk berdiskusi terkait dengan solusi dari kendala-kendala yang mereka hadapi. “Anak kami ajak untuk diskusi terkait kendala dan manfaat, apa kendalanya, nah itu kami diskusikan bersama. Kegiatan ini bertujuan agar kita (guru) dapat mengetahui pola belajar siswa. Harapannya, semoga dengan adanya refleksi siswa lebih bisa memahami cara belajarnya,” lugas Bagus kala itu. (Dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.