23 Februari 2024
Agustina (pojok kanan) sedang mengikuti acara rapat pengurus MGMP. (Dok. Pribadi) 

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Dua guru MTsN 2 Bantul, Agustina Suhartati dan Susanti hadiri rapat pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris MTs Se-Kabupaten Bantul. Agenda rapat pengurus tersebut diselenggarakan pada Selasa (23/01/2024), bertempat di Pondok Bebakaran Jl. Prangtritis, Manding. Pembahasan utama dalam pertemuan ini adalah program peningkatan kompetensi guru Bahasa Inggris pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Pertemuan pengurus ini dihadiri oleh 7 pengurus inti.

Acara dipimpin oleh Suhadi, M.Pd. dan dibuka dengan bacaan basmalah. Selanjutnya Suhadi menyampaikan akan pentingnya peningkatan kompetensi bagi para guru, ditambah lagi tuntutan kinerja mengharuskan guru untuk menarget diri dalam setiap Triwulan. “Oleh karenanya perlu diadakan kegiatan workshop minimal 20 JPL. Untuk diklat sebaiknya yang resmi dari Balai Diklat/MOOC (Massive Open Online Course). Akan tetapi MGMP juga harus mengadakan kegiatan sendiri terkait dengan peningkatan kompetensi,” tandas Suhadi.

Kelompok MGMP Bahasa Inggris sedang diskusi. (Dok. pribadi) 

Lebih lanjut dalam agenda rapat tersebut, pengurus saling mengusulkan workshop apa yang akan diangkat. Sesuai keputusan bersama, workshop yang akan dilaksanakan bertema Implementasi Kurikulum meredeka (IKM) dengan rincian 5 x pertemuan, @4jpl. Adapun materi yang diambil adalah Materi Capaian Pembelajaran (CP) — Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Modul Ajar, dan Penilaian. Adapun rencana pelaksanaan kegiatan yaitu pada hari Selasa tanggal 6 Februari 2024 bertempat di MTsN 1 Bantul, Selasa, tanggal 20 Februari 2024 bertempat di MTsN 2 Bantul, Selasa, 27 Februari 2024 di MTsN 3 Bantul, Selasa, 19 Maret 2024 di MTsN 4 Bantul, dan pertemuan terakhir Selasa, 26 Maret 2024 bertempat di MTsN 6 Bantul.

Isti Bandini, Kepala MTsN 2 Bantul, menyambut baik dan positif terkait acara tersebut. Isti berharap agar program kerja MGMP Bahasa Inggris yang telah diagendakan bisa berjalan dengan baik. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.