23 Februari 2024
Kegiatan Reading Day MTsN 2 Bantul (Dok:Enn)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Literasi menjadi salah satu program yang saat ini secara masif digalakkan. Tak hanya untuk menciptakan kebiasaan berliterasi tetapi yang utama adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa yang nantinya diharapkan dapat berimbas pada peningkatan karakter sfan perilaku para siswa. 

Di MTsN 2 Bantul, literasi menjadi salah satu program unggulan madrasah selain Tahfidz dan Riset.  MTsN 2 Bantul telah mendeklarasikan sebagai sekolah aktiif literasi sejak tahun 2018 dan diperkuat dengan dijadikannya sebagai program unggulan sejak tahun 2020. Beragam kegiatan literasi mulai digalakkan secara masif, baik program harian, program mingguan, semesteran, maupun tahunan. 

Salah satu program tersebut yakni Reading Day. Program ini melibatkan seluruh stakeholder MTsN 2 Bantul untuk turut aktif membaca senyap selama 15 hingga 30 menit setiap hari Senin pagi, baik secara serentak di Mushola Raudhatul’ulum maupun di kelas atau ruang kerja masing-masing. Tak hanya sekedar membaca, Tim Gelis Matsandaba juga telah menyediakan lembar pantauan baca untuk merekap laporan baca mereka. Setiap semester akan direkap untuk diberi penghargaan bagi pembaca terbaik dengan jumlah laporan baca terbanyak.

Hal ini juga disampaikan oleh Yulian Istiqomah selaku koordinator tim Literasi MTsN 2 Bantul yang turut memberikan motivasi bagi para siswa untuk rajin membaca dalam l kegiatan Reading Day pada Senin (22/1/2024) lalu. 

Sepakat dengan hal tersebut, Kepala MTsN 2 Bantul, Isti Bandini menyampaikan bahwa dengan pembiasaan literasi ini prestasi para siswa pasti dapat meningkat menjadi lebih baik. Ia berharap para siswa tidak hanya membaca buku saat kegiatan Reading Day saja akan tetapi juga Every day. Lebih lanjut Yulian menyampaikan bahwa pemilihan duta baca siswa akan ditentukan berdasarkan jumlah laporan baca terbanyak dan keaktifan siswa dalam kegiatan literasi di sekolah. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.