23 Februari 2024
Isti Bandini dkk sedang berkoordinasi dengan sesama kepala madrasah. (Dok. Pribadi) 

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Skema perubahan peran baru Pengawas Sekolah/Madrasah mengalami transformasi. Setelah sebelumnya pengawas bertugas sebagai pengendali, maka saat ini pengawas mempunyai peran sebagai pendamping. Demikian juga dalam fokus layanan, setelah sebelumnya hanya memantau, kini pengawas berperan sebagai pendamping Kepala Madrasah dalam menggerakkan warga madrasah dan masyarakat meningkatkan mutu pendidikan. Pengawas akan merefleksi rapor pendidikan madrasah kemudian akan mendampingi pengembangan potensi madrasah.

Hal tersebut disampaikan oleh Pengawas Madrasah Kantor Kemenag Bantul Etyk Nurhayati, S.Pd.I, M.Pd. pada Selasa (16/1/2024) saat mengundang para Kamad MTs baik negeri maupun swasta yang menjadi binaannya di Warung Pohon Sewon Bantul. Kepala MTsN 2 Bantul Isti Bandini, S.Pd, M.Pd. tidak ketinggalan ikut hadir dan berpartisipasi aktif dalam pertemuan perdana di tahun anggaran 2024 tersebut. Sebagai Kamad yang baru Isti tidak mau ketinggalan untuk segera menyesuaikan diri dengan amanah barunya di madrasah CERIA Berprestasi tersebut. “Insya Allah kami siap mengembangkan potensi MTsN 2 Bantul terutama di bidang tahfidz, riset dan literasi,” tutur Kamad Isti.

Selanjutnya pengawas Etyk juga menjelaskan bahwa ukuran madrasah binaannya dikatakan berhasil jika ada peningkatan literasi, numerasi dan karakter peserta didik dari tahun ke tahun, termasuk di dalamnya peningkatan kualitas pembelajaran serta bangunan ekosistem transformasi satuan Pendidikan. “Kami para pengawas di tengah masyarakat diminta membersamai dan memberi penguatan serta membentuk Kamad sebagai coach di madrasahnya,” tutur Etyk.

Pertemuan di Warung Pohon tersebut selain mengagendakan pembinaan Kamad juga sebagai ajang ramah tamah antara pengawas pembina dengan para Kamad MTs di Kabupaten Bantul terutama yang menjadi binaan Etyk Nurhayati. (ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.