23 Februari 2024
Tim Survey dari Perpusnas foto bersama dengan tim Perpustakaan. (Dok. Dee)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Rabu (13/12/2023) Perpustakaan Raudhatul ‘Ulum MTsN 2 Bantul didatangi oleh Drs. Budi Kurniawan dan Muhammad Abdul Hafidh selalu perwakilan dari Perpusnas. Kedatangan Perpusnas bertujuan untuk survey perpustakaan yang terakreditasi pada tahun 2022 (tahun lalu). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan atas kerjasama antara Perpusnas, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah,  dan Perpustakaan Kabupaten Bantul. Perpustakaan yang dikunjungi adalah perpustakaan yang kemarin terakreditasi A. Tim dari Perpusnas disambut hangat oleh kepala perpustakaan dan juga pustakawan. Bertempat di ruang sebelah timur Perpustakaan Raudhatul ‘Ulum proses survey dimulai. Beberapa pertanyaan diajukan oleh tim. Mulai dari komponen koleksi, komponen layanan, SDM, anggaran dan juga manajemen perpustakaan hingga ke komponen penguat. 

Pertanyaan yang diajukan tim terkait dengan apa saja peningkatan yang sudah ada di perpustakaan di masing-masing komponen. Apa saja kendala dan bagaimana perpustakaan menyelesaikan hal tersebut. Yustini Arti selaku kepala perpustakaan menyampaikan peningkatan-peningkatan yang sudah berjalan di perpustakaan. Yustin juga menyampaikan tambahan program-program yang ada. “Kami akan selalu berusaha untuk menambah kegiatan, koleksi serta pemanfaatan perpustakaan, agar siswa terbiasa dan senang ke perpustakaan, memanfaatkan fasilitas yang ada, ” ujar Yustin pada tim survey. 

“Alhamdulillah, perpustakaan MTsN 2 Bantul baik ada peningkatan, meskipun ada beberapa komponen yang tetap. Tapi tidak apa-apa. Sembari berjalan semoga tahun selanjutnya bisa meningkatkan semua,” pungkas Budi. 

Budi menerangkan jika ada beberapa komponen yang berkurang maka akan dilaporkan ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (provinsi) agar bisa ditindaklanjuti ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bantul agar dilakukan pembinaan. Tujuannya agar perpustakaan yang sudah terakreditasi dapat mempertahankan dan meningkatkan semua komponen perpustakaan. (Dee) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.