23 Februari 2024
Siswa MTsN 2 Bantul sedang praktik ibadah (wudhu). (Dok. Dee)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Rangkaian kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Asesmen Sumatif Akhir Semester Gasal di MTsN 2 Bantul telah berakhir pada Selasa (12/12/2023) dengan kegiatan Ujian Praktik Ibadah dengan materi Wudlu dan Sholat. Kegiatan praktik ini dikoordinir langsung oleh Tim Keagamaan Matsandaba, yang diketuai Ahmad Daris Musthofa. 

Menurut Ahmad Daris, tujuan kegiatan ini adalah mengevaluasi sejauhmana kemampuan siswa ketika beribadah baik di madrasah maupun di rumah. Jika siswa bacaannya sudah benar maka tidak akan merasa kesulitan, begitupun sebaliknya. “Siswa akan kita dampingi dan bimbing, agar ketika melaksanakan wudlu dan sholat benar-benar sudah tertib urut, gerakan benar, dan hafal bacaannya,” kata Daris. 

Nurhadi, sebagai pendamping pembiasaan karakter pagi jelang ujian praktik berpesan pada para siswa untuk semuanya mengikuti ujian praktik dengan baik, “Harapannya dengan ujian ini anak-anak akan terbiasa dengan gerakan dan bacaan saat wudlu dan sholat dengan baik dan benar serta hafal dengan lancar. Jadi bukan semata-mata karena akan dievaluasi, kalian semua baru bersungguh-sungguh mempelajari bacaan dan gerakannya. Setelah ujian pun anak-anak harus tetap istiqomah menerapkannya sehari-hari baik di madrasah maupun di rumah,” tandasnya. 

Praktik wudlu dan sholat ini dilaksanakan selama 2 hari, Senin dan Selasa (11-12/12/2023). Sebagai pendamping ujian praktik adalah 2 guru Tutor untuk masing-masing kelas. “Alhamdulillah pelaksanaan ujian praktik berjalan lancar sukses. Terima kasih bapak ibu guru pegawai pendamping semua, semoga pembekalan dan pendampingan ini akan bermanfaat bagi anak-anak kita dan mereka bisa menerapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari, baik di madrasah, di rumah maupun di masyarakat,” ungkap Musa Surahman, kepala MTsN 2 Bantul usai monitoring pelaksanaan ujian. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.