23 Februari 2024
Delegasi MTsN 2 Foto Bersama, (Dok. Aww)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan motivasi anak dalam belajar bahasa khususnya Bahasa Inggris. Kegiatan yang diinisiasi oleh Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Peace Corps Indonesia, dan Madrasah English Community ini bertujuan untuk meningkatkan persahabatan antar peserta didik dan memberdayakan aktivisme remaja lintas negara.  Kegiatan diawali dengan penampilan solo vokal, tari dan drama bahasa inggris dari siswa-siswi MAN 2 Kulon Progo, dilanjutkan dengan sambutan oleh Kabid Dikmad Kemenag Kanwil DIY, Bapak H. Abd. Suud, S.Ag., M.Si. Beliau menegaskan bahwa pentingnya menjalin kerjasama antar negara di bidang pendidikan untuk memberikan insight baru dan pengalaman pembelajaran baru kepada anak-anak untuk meningkatkan aktivisme peserta didik dalam menambah pengetahuan khususnya dalam bidang bahasa.

Kegiatan yang diadakan di Aula MAN 2 Kulonprogo pada Senin (11/12/2023) ini diselenggarakan oleh Madrasah English Community dan dihadiri siswa-siswi perwakilan MTs MA se-Yogyakarta. Dalam kegiatan ini peserta didik juga berkesempatan mendapatkan pengetahuan dari tiga native teacher Amerika yang memaparkan tentang pentingnya menjadi pembelajar aktif di komunitas belajar.  Dengan tema Empowering Youth Activism Across Borders, Sarah Mericle, Nikki Dougherty, Ella Zelenak selaku native teacher mengingatkan peserta untuk think globally act locally dalam belajar. Meningkatkan kesadaran untuk memajukan sekitar dengan berpikir global. MTsN 2 Bantul diwakili oleh Dzikra kelas 9 B, Brillian kelas 8 B, Irkham Dinar kelas 7 D, Muthia kelas 9 A, Jihan, 7 E, dan Sahfa 7 A.

Musa Surahman, Adhitya Arie, serta Bagus Kurniawan yang membersamai siswa dalam acara ini mengaku senang dan terkesan. “Acara yang melibatkan peserta didik dan pendidik dari berbagai jenjang seperti ini memiliki peran penting dalam peningkatan motivasi anak dalam berbagai hal, karena dari pertemuan seperti ini anak akan mendapatkan pengetahuan baru, cakrawala baru yang sebelumnya belum pernah mereka temui. bertemu dengan guru dari luar negeri menekankan kembali pentingnya berpikir global dan bertindak dari hal-hal kecil di sekitar kita. senang bisa melihat anak-anak bisa mendapatkan kesempatan seperti ini, semoga kedepannya lebih banyak peserta didik yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan bermanfaat seperti ini. Kegiatan yang melibatkan anak untuk mendapatkan pengetahuan baru dan meyakinkan pada anak bahwa mereka memiliki peranan penting dalam kemajuan bangsa. Secara umum semoga kegiatan seperti ini digalakkan di masyarakat sebagai langkah kita untuk beradaptasi dan mampu menghadapi persaingan dunia global yang sangat nyata di depan mata kita”, ujar Adhit sembari tersenyum. (Dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.