23 Februari 2024
Nurhadi sedang memberi arahan kepada siswa terkait praktik ibadah. (Dok. Enn)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Kegiatan pembiasaan pagi kali ini dimulai dengan sholat dhuha berjamaah setelah itu dzikir pagi. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pengarahan kepada seluruh siswa untuk mempersipakan diri dalam kegiatan praktik ibadah yang rencanya akan dimulai hari Senin-Selasa pekan depan. Nurhadi selaku tim keagamaan MTsN 2 Bantul hari ini, Kamis (07/12/2023) menjelaskan pada siswa untuk mempersiapkan diri. Mulai mengulang kembali bacaan-bacaan wudhu, sholat, gerakan wudhu-sholat hingga dzikir. Siswa kelas 7 hingga 9 berkumpul di mushola kemudian bersama-sama dipandu oleh Nurhadi. Mulai dari niat wudhu, gerakan wudhu, niat sholat, bacaan hingga gerakan dan sampai ke dzikir. Mulanya Nurhadi mengucapkan niat wudhu kemudian ditirukan oleh siswa, begitu pula dengan bacaan dan gerakan sholat. Sementara Nurhadi memimpin siswa, anggota tim keagamaan yang lain mendampingi siswa, membenarkan gerakan dan juga pelafalan-pelafalannya.

Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 1 jam, setelah praktik bacaan dan juga gerakan, Nurhadi menjelaskan tujuannya. Tujuan kegiatan ini antara lain untuk mempersiapkan siswa dan membenarkan bacaan-gerakan sholat serta wudhu. Sementara itu Ahmad Daris juga menambahkan bahwasannya kegiatan ini sebagai bentuk evaluasi siswa ketika beribadah di rumah. Jika siswa bacaannya sudah benar maka tidak akan merasa kesulitan, dan sebaliknya.

“Siswa akan kita dampingi, agar ketika sholat dirumah siswa akan hafal bacaan dan gerakan beribadah,” kata Daris. Nurhadi berpesan pada siswa untuk mengulang dan terus mengulang bacaan dan juga gerakan beribadah, “Ini bukan semata-mata karena akan dievaluasi, akan tetapi ini untuk pembiasaan siswa,” pungkasnya.

Dua siswa yang berhasil di wawancarai tim publikasi, yakni Affandi dan Yusuf. “Yaa, kita akan mempersiapkan diri bu, mengulang biar sempurna. Soalnya kadang kalau dievaluasi itu agak deg-degan, jadi kadang terbalik-balik saking groginya,” ungkap keduanya sembari bercanda. (Dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.