23 Februari 2024
Musa Surahman memantau kegiatan PAS. (Dok. Agt)

Bantul (MTsN Bantul) – MTsN 2 Bantul melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024 untuk kelas VIII dan IX dan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) istilah untuk kelas VII pada Senin (27/11/2023). Pelaksanaan PAS dan ASAS ini menggunakan aplikasi Jogja Madrasah Digital (JMD), jadi siswa menggunakan Handphone mereka masing-masing. Pelaksanaan tes akan berlangsung selama 8 (delapan) hari, dimulai hari Senin (27/11/2023) sampai dengan Rabu (06/12/2023) dengan jadwal mata Pelajaran yang sudah diatur oleh K2MTs Kabupaten Bantul.

Adapun jadwal mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama yaitu Bahasa Indonesia dengan durasi 120 menit dan jam kedua Al Qur’an Hadits dengan durasi 90 menit. Hari pertama pelaksanaan tes di MTsN 2 Bantul ada beberapa kendala, terutama siswa yang berasal dari pondok pesantren. Mereka tidak diperbolehkan membawa perangkat komunikasi/Handphone dari pondoknya. Sebagai solusinya tim panitia PAS menyediakan ruang tes di lantai atas yaitu Lab. Komputer agar mereka bisa mengikuti kegiatan tes dengan baik. Dalam ruang tes, mereka didampingi 2 orang pengawas.

Kepala MTsN 2 Bantul, Musa Surahman saat monitoring pelaksanaan tes  menyampaikan apresiasinya kepada seluruh tim PAS yang telah mempersiapkan pelaksanaan PAS/ASAS. Musa berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan siswa dapat mendapatkan hasil terbaik. “Semoga kegiatan PAS/ASAS ini dapat berjalan lancar sampai hari terakhir nanti dan para siswa bisa memperoleh hasil terbaik,” ujar Musa.

Pantauan tim panitia PAS, yang diketuai Siti Rofiqoh, hari pertama siswa tampak serius mengerjakan soal yang diberikan. Mereka juga tertib mengikuti tata tertib yang dibacakan oleh pengawas ruang, walau masih ada beberapa siswa yang tidak membawa kartu ujian, namun langsung ditangani oleh tim. Untuk pergantian jam siswa menyimpan HP mereka di loker sesuai tata tertib yang ditentukan oleh panitia. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.