23 Februari 2024
Musa Surahman, Kepala MTsN 2 Bantul presentasikan program pengembangan madrasah selama 4 tahun terakhir. (dok:En)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang dilaksanakan di MTsN 2 Bantul pada Senin (20/11/2023) lalu adalah jenis PKKM empat tahunan. Menurut PMA nomor 58 tahun 2017, PKKM empat tahunan dilaksanakan untuk kepala madrasah yang telah menjabat selama 4 tahun. Dalam hal ini, Musa Surahman telah menjabat sebagai Kepala MTsN 2 Bantul mulai dari tahun 2020 hingga saat ini. 

Di masa kepemimpinannya ini, dunia pendidikan di Indonesia khususnya di MTsN 2 Bantul tengah mengalami banyak tantangan. Pandemi COVID-19 yang hampir dua tahun berlangsung yakni tahun 2020 hingga 2021 menjadi tantangan tersendiri bagi Musa Surahman untuk menerapkan kebijakan-kebijakan untuk mengimbangi kebijakan dari pemerintah terkait proses pembelajaran di era pandemi. Hampir dua tahun segala sesuatunya dilakukan secara offline. Hal ini tentu menjadikan banyak program yang telah diharapkan oleh Musa Surahman menjadi tertunda. Meski demikian, tanpa putus asa, melalui kerjasama tim GTK yang hebat, tiga program unggulan, yakni Tahfidz, Riset, dan Literasi tetap diluncurkan sebagai brand MTsN 2 Bantul. 

Dalam presentasinya pada saat PKKM, Musa Surahman telah merangkum hasil pantauan dari masing-masing program unggulan setiap tahunnya. Di luar dugaan, terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Tentu saja hal ini sebuah prestasi yang membanggakan. Ketiga program unggulan tersebut diharapkan Musa dapat bersinergi mendorong peningkatan prestasi siswa baik akademik maupun non akademik. Terbukti telah terjadi peningkatan rerata nilai ASPD dari tahun ke tahun. Secara tidak langsung ketiga program tersebut menjadi motor penggerak siswa untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasannya sehingga mempermudah siswa dalam menghadapi soal-soal evaluasi, khususnya ASPD. 

Musa berharap, program ini dapat terus dilanjutkan dan semakin dikembangkan. Ia mengakui tentu saja keberhasilan ini tidak akan tercapai tanpa tim yang solid-loyal-disiplin dalam melaksanakan program tersebut. Musa juga berharap Prestasi MTsN 2 Bantul baik siswa, GTK, maupun lembaga dapat terus meningkat dari tahun ke tahun. Lebih dari itu Matsandaba berharap Musa Surahman dapat terus bertugas di MTsN 2 Bantul ini untuk bersama-sama melanjutkan program luar biasa yang telah dicanangkannya hingga mendunia. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.