23 Februari 2024
Peserta upacara posisi hormat (Pengibaran Bendera Merah Putih). (Dok. Enn)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Upacara setiap tanggal 17 merupakan upacara rutin yang bertujuan untuk memumpuk rasa dan jiwa nasionalisme. Upacara ini mulai di adakan secara rutin lagi setelah beberapa periode vakum. Jumat (17/11/2023)  MTsN 2 Bantul yang juga melaksanakan upacara rutin ini menugaskan Osis periode 2023/2024 untuk menjadi petugas upacara.  Pagi ini Mugiyanta S.Pd., M.Pd. selaku pembina upacara. Hal ini tentu menjadi tugas perdana pengurus Osis. Tugas ini dapat dijadikan batu loncatan di tugas-tugas berikutnya. Penugasan kali ini bertujuan untuk melatih keberanian Osis dan juga kekompakan OSIS.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah kegiatan setoran hafalan, di lapangan upacara MTsN 2 Bantul. Seperti biasa Tugiyo dan juga Yulian Istiqomah mempersiapkan siswa. mulai dari membriefing petugas hingga menata siswa untuk siap upacara. Brilian Breka selaku ketua Osis menjadi pemimpin upacara, Bayu Satrio menjadi petugas kompi, Cahaya petugas pembacaan pembukaan UUD, Aulia petugas pembaca doa, Sahfa petugas pembaca janji siswa, Alena dan 2 temannya menjadi petuga pengibar Bendera Merah Putih. Setelah latihan di hari Kamis, para Osis dapat melaksanakn tugasnya dengan lancar. Pada kesempatan ini Mugiyanta selaku pembina memberikan beberapa pesan dalam amanatnya.

“Jadilan siswa yang bisa menjaga adab terhadap orangtua dan guru, mengingat kembali serta merefleksi tujuan menuntut ilmu. Dan juga Bapak berpesan, tingkatkan ibadah kalian, bersungguh-sungguh dalam berproses,” pesannya. Pesan Mugi sapaan akrab Mugiyanta ini semata-mata untuk kebaikan seluruh siswa. Mengingat usia-usia mereka adalah masa-masa peralihan (masa remaja) maka benar-benar harus diperhatikan secara keseluruhan baik dari segi pergaulan, etika adab dan juga ibadahnya.

Setelah upacara bendera tim publikasi bertemu dengan Sahfa, selaku petugas pembaca janji siswa. Sahfa yang awalya merasa grogi ini akhirnya bisa membacakan teks janji siswa dengan lancar. “Alhamdulillah bu, lancar. Ini tugas perdana saya sebagai petugas upacara. Semoga kedepannya saya bisa bertugas lebih baik dari hari ini,” ungkapnya dengan penuh rasa lega. Tugiyo selaku waka kesiswaan yang mengamatid an mengawasi jalannya upacara di samping lapangan upacara ini memberi apresiasi kepada petugas upacara hari ini. “Saya ucapkan terimaksih untuk petugas upacara (Osis), sudah baik. Meskipun tugas perdana tapi sudah kompak, bagus,” lugasnya bangga. (dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.