23 Februari 2024
Edy Purwanto sedang memberikan sambutan. (Dok. Enn)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTsN 2 Bantul kali ini menjadi penutup PKKM jenjang MTs. PKKM tahun ini merupakan penilaian 4 tahunan kinerja Musa Surahman, S.Ag., selaku kepala madrasah. Senin (20/11/2023) bertempat di Lab. IPA MTsN 2 Bantul yang dihadiri oleh Edy Purwanto., S.Pd., M.Pd., Si., selaku ketua panitia PKKM Kemenag DIY, Drs. Miftakhul Bahri., M.Pd., Etyk Nurhayati, S.Pd.I., M.Pd, dan juga Ahmad Musyadad., S.Pd.I., M.S.I., selaku penilai. Dalam sambutannya Musa Surahman menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh guru dan karyawan atas persiapannya dalam PKKM tahun ini. Musa juga menyampaikan visi serta misi MTsN 2 Bantul. Visi Ceria Berprestasi digaungkan dalam acara. Bapak ibu guru GTK diajak untuk bersama-sama menggaungkan semangat menjalankan visi madrasah dengan tageline Madsandaba, Ceria Berprestasi, Yess!!!. Ditengah-tengah sambutannya Musa juga mempresentasikan program kerja dan juga peningkatan kinerja dari 4 tahun terakhir. Sementara itu Edy Purwanto selaku ketua tim penilai menyampaikan terimakasih untuk MTsN 2 Bantul yang telah berusaha, bekerja keras untuk dapat meningkatkan progres kerja. Edy juga menyampaikan terimkasih pada komite MTsN 2 Bantul, Purwanto yang membersamai proses PKKM hari ini. “Terimakasih kepada seluruh stakeholder MTsN 2 Bantuk yang telah mempersiapkan proses ini, sehingga hasilnya nyata. Saya juga salut dengan dukungan komite MTsN 2 Bantul. Pak Komite hadir di tengah-tengah kita, membersamai prose ini.  Luar biasa dukungannya. Komite memiliki peran penting di madrasah, karena akan menjadi penyambung program madrasah ke orangrtua,” ungkap Edy.

Setelah sambutan dari Edy proses penilaian berlangsung. Edy menilai di komponen 1, bagian Kepribadian dan Sosial. Beberapa borang dan juga bukti fisik disuguhkan oleh tim kerja. Etyk menilai komponen 2 dan 3. yakni bagian Usaha Pengembangan Madrasah, dan juga Pelaksanaan Tugas Manajerial. Miftakhul Bahri menilai komponen 4 dan 5. Bagian Pegembangan Kewirausahaan dan Penilaian dan juga Supervisi dan Penilaian Kerja GTK. Sedangkan Ahmad Musyadad menilai bagian komponen 6 terkait hasil kinerja kepala madrasah. Proses penilaian berjalan kurang lebih selama 3 jam. Para penilai menilai dengan penuh ketelitian dan kehati-hatian. “Kita menilai secara obyektif, sesuai data di lapangan,” ungkap Etyk.

Setelah proses penilaian selesai masuk ke acara refleksi. Ahmas Musyadad yang pertama kali memberikan refleksi mengajak GTK MTsN 2 Bantul memahami apa arti dan tujuan PKKM, tidak lain adalah untuk meningkatkan hasil dan juga prestasi madrasah. “PKKM ii bertujuan untuk mengetahui potensi madrasah, meningkatkan apa yang perlu ditingkatkan, di dorong serta di pertahankan,” kata Ahmad. Semntara itu Miftakhul menyampaikan perlu adanya apresiasi terhadap karya siswa. salah satunya dengan menjadikan seragam hasil batik siswa.”Dipakai di hari atau moment tertentu, ini akan menambah rasa cinta siswa terhadap madrasah.” 

Etyk yang juga pengawas MTsN 2 Bantul menyampaikan beberapa pesan, “Monggo bapak-ibu apa yang sudah disampaikan oleh tim penilai dapat di implemetasikan, ditingkatkan. Sekali lagi saya apresiasi untuk MTsN 2 Bantul. Pak Pur selaku komite membersamai kita dari awal hingga akhir acara. Luar biasa. SDM, komite serta POT MTsN 2 Bantul kompak,” pungkasnya lugas. (Dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.