Assyifa raih best performance putri geliat literasi putaran pertama. (dok: nfa)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Sebuah inovasi program telah digeliatkan MTsN 2 Bantul dalam bidang literasi. Di bawah komando tim literasi, program Performance menjadi salah satu dari tiga program pembiasaan literasi utama selain reading day dan sagusaka.

Performance adalah sebuah program yang menampilkan kreativitas sesuai bakat dan minas siswa, dengan cara bergilir dan terjadwal, serta dilakukan setiap hari pada jam pelajaran kelima. Program performance ini bertujuan untuk meningkatkan daya berpikir kritis siswa yang kemudian melahirkan kreativitas yang ketika ditampilkan didepan kelas dapat menambah rasa kepercayaan diri dan karakter saling menghargai, menghormati, mengapresiasi  (3M) antarsiswa.

Sebut saja Asyiffa Putri Sahira. Siswa kelas 7E ini menampilkan Performance membaca puisi pada putaran performance pertama. Hobinya membaca puisi yang ia latih secara otodidak melalui YouTube ini nyata bisa membawa dirinya meraih best performance putri putaran pertama tahun 2023. Ada proses belajar berpikir kritis dan kreatif ketika Asyiffa sering menyimak berbagai tayangan YouTube pembacaan puisi dan kemudian mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya dari bahan literasi digital tersebut dalam performancenya. Hasilnya guru pendamping kegiatan performance saat jadwalnya tampil menjadi terkesan dan mengabadikan moment performancenya untuk menjadi bukti fisik pada tim literasi Matsandaba. 

Setelah dilakukan evaluasi melalui rapat terbatas performance putaran pertama, seluruh tim sepakat Asyiffa sebagai peraih best performance putri putaran pertama. Assyifa mengaku senang mendapatkan reward yang sangat tidak dia sangka dari hobinya membaca puisi. Ia berjanji akan senantiasa meningkatkan kemapuannya dalam membaca puisi sehingga bisa mengikuti berbagai kompetisi di luar sana untuk Matsandaba. (Yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.