Siswa-siswi MTsN 2 Bantul menghadiri Expo Kemandirian Pondok Pesantren di UIN SUKA (Dok. drs)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Sebanyak 1 rombongan siswa siswi MTsN 2 Bantul menghadiri undangan Expo Kemandirian Pondok Pesantren di UIN Sunan Kalijaga, kemarin Kamis (19/10/2023). Didampingi oleh Daris Mustofa dan Juga Iva Nur Kahyya romobongan berangkat pukul 07.30 wib menggunakan armada bus. Kegiatan Expo Kemandirian ini merupakan program mandatori Kementerian Agama yang bekerjasama dengan UIN seluruh Indonesia. Selain itu UIN juga diharapkan bekerja sama dengan RA/Madrasah Negeri/Swasta di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menghadiri acara tersebut. Acara tersebut di gelar di gedung kuliah terpadu UIN Sunan Kalijaga dan diikuti oleh 25-26 pondok pesantren se DIY. Selain program mandatori, kegiatan ini juga merupakan kegiatan dalam rangka menyambut hari santri nasional.

Pondok pesantren yang mengikuti acara tersebut membawa produk-produk unggulannya. Salah satunya adalah pondok pesantren Al-Munawwir Krapyak yang membawa produk fashion dan juga pondok pesantren Mualimin yang membawa produk roti bolu. selain makanan dan juga fashion masih banyak lagi yang dipajang dalam ajang ini.

Kabid Pakis H. Mukotip, S.Ag.,M.Pd., yang ditemui oelh Daris Mustofa menyampaikan terimakasih atas kunjungan siswa-siswi MTsN 2 Bantul. “Saya ucapkan terimakasih kepada siswa-siswi rombongan dari MTsN 2 Bantul yang sudah hadir di kegaitan ini.” Mukotip juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan kemandirian pondok pesantren dan juga usaha memulihkan ekonomi setelah pandemi Covid-19. “Sesuai dengan amana UU Ponpes No. 18 Tahun 2019, yang menyatakan bahwa: pertama Ponpes sebagai lemabag pendidikan, lemabga dakwah dan juga lembaga pemberdayaan umat. Nah kegiatan ini masuk dalam bidang pemberdayaan umat,” ungkap Mukotip. Selain itu Mukotip juga menambahkan jika kegiatan ini diadakan dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN), memberi semangat untuk ponpes, networking dan juga ajang menjalin silaturahmi.

Siswa-siswi MTsN 2 Bantul pulang dengan ceria, Daris dan Iva selaku pendamping berharap siswa dapat terinspirasi dari pameran expo tersebut, dan dapat mecari terobosan inovasi di bidang ekonimi yang lain. (dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.