Nawang Restu Arifkia, Siswa MTsN 2 Bantul Pembaca Ikrar Hari Kesaktian Pancasila Kapanewon Jetis. (dok: Eni)

Bantul (MTsN 2 Bantul) — Pembacaan naskah Ikrar Kesaktian Pancasila menjadi salah satu bagian dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar pada Minggu, 1 Oktober 2023. Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini bertujuan untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam Gerakan 30 September 1965 oleh PKI atau biasa disebut peristiwa G30S PKI.

Tahun ini MTsN 2 Bantul diminta ikut andil dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, baik sebagai peserta maupun sebagai petugas upacara. Sebagai peserta upacara MTsN mengirimkan satu peleton terbaik Matsandaba. Mereka telah terlatih dan teruji mampu mengikuti upacara dengan sikap khitmad. Para siswa dalam peleton ini telah membuktikan bahwa mereka mampu menjadi peserta upacara yang tangguh tegap dan sigap. Kemudian MTsN 2 Bantul juga mengirimkan 1 grup paduan suara, satu pengiring, satu pembaca Teks Pembukaan UUD 1945, dan satu pembaca Ikrar Kesaktian Pancasila. 

Bertugas sebagai pembaca Ikrar adalah Nawang Restu Arifkia. Siswa kelas 8 ini dipandang mampu membacakan ikrar setelah sukses bertugas sebagai protokol pada lomba upacara tingkat Kabupaten Bantul. Pembawaannya yang tenang dengan suara yang bulat dan lantang menjadi poin plus tersendiri bagi Nawang untuk bisa memberikan performance terbaiknya dalam bertugas sebagai protokol maupun pembaca Ikrar. Gadis manis dan pendiam ini tak malu untuk bertanya dan belajar demi bisa memberikan yang terbaik. Ia berharap keberadaannya di MTsN 2 Bantul dapat bermanfaat dan mbanggakan madrasah.  

Lebih lanjut Nawang menyampaikan bahwa ia cukup grogi tampil perdana di hadapan banyak orang se Kapanewon Jetis. Ada sedikit kelalaian kecil yang membuatnya menyesal. Namun ia berharap banyak yang tidak menyadari kelalaiannya itu. Dari sinilah ia berharap dapat belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi di kemudian hari. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.