GTK MTsN 2 Bantul Foto bersama dengan berbusana batik. (dok: wwt)

Bantul (MTsN 2 Bantul) — Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Hal itu sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 tahun 2009. Keppres tersebut diterbitkan sebagai tindak lanjut dari pengakuan batik sebagai warisan tak benda oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Pengukuhan ini diselenggarakan oleh UNESCO di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada 2 Oktober 2009. 

Hal ini patut menjadi kebanggaan seluruh Masyarakat Indonesia di mana pun berada. Mengenakan Batik menjadi salah satu hal yang dengan mudah dapat senantiasa diupayakan untuk melestarikan salah satu kearifan lokal ini. Hal ini juga menjadi salah satu subjek materi yang harus diperkenalkan pada seluruh siswa. Sependapat dengan hal tersebut maka MTsN 2 Bantul meminta seluruh stakeholder MTsN 2 Bantul mengenakan batik pada hari Senin (2/10/2023). Batik yang dikenakan batik bebas, artinya boleh motif dana warna apa saja sesuai selera. 

Guna mengabadikan moment istimewa tersebut, Dra. Agustina Suhartati, Wakil Kepala Bagian Humas, meminta seluruh GTK agar berkumpul dan berfoto bersama. Hasil foto yang cerah ceria menambah meriah suasana. Tak hanya GTK, para siswa setiap kelas juga diminta untuk berfoto bersama bersama wali kelasnya. 

Lebih lanjut Agustina berharap para siswa mulai hari ini dapat lebih mencintai batik dan melestarikan batik dengan sering mengenakannya dalam keseharian mereka. Madrasah juga diharapkan dapat melaksanakan program P5RA kearifan lokal dengan baik, sehingga memiliki produk batik yang dapat digunakan siswa sehari-hari. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.