Bantul (MTsN 2 Bantul) – Tanggal 2 Oktober ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Batik Nasional. Peringatan Hari Batik ini menjadi momen tiap madrasah/sekolah untuk mengajak seluruh warga madrasah mengenakan busana batik pada hari tersebut. Hal ini juga yang dilakukan oleh seluruh warga MTsN 2 Bantul. Semua mengenakan busana batik aneka warna. Sungguh sebuah momen yang istimewa yang hanya bisa dilakukan setahun sekali pada saat hari batik, Senin (2/10/2023).

Waka kesiswaan MTsN 2 Bantul, Yoyok bekerjasama dengan Waka Humas, Agustina sebelumnya telah mengumumkan secara langsung maupun lewat WhatsApp grup dan flyer terkait peringatan hari batik dengan memberikan informasi pada seluruh warga MTsN 2 Bantul yang terdiri dari guru, pegawai serta seluruh siswa untuk mengenakan baju batik pada hari Senin. “Diumumkan pada seluruh siswa bahwa pada hari Senin tanggal 2 Oktober wajib memakai baju batik bebas bukan batik seragam madrasah, begitu juga dengan bapak/ibu guru pegawai,” kata Yoyok usai pelaksanaan sholat Dhuha. 

Antusiasme seluruh siswa MTsN 2 Bantul khususnya tampak jelas pada Senin pagi. Mereka tampak ganteng dan cantik mengenakan aneka corak batik mulai dari batik corak tradisional sampai batik modern dipadu dengan bawahan yang pas. Sungguh pemandangan yang menyejukkan mata. Moment Hari Batik ini benar-benar merupakan upaya melestarikan budaya bangsa. Siswa siswi sebagai generasi muda dengan bangganya memakai batik yang merupakan warisan leluhur bangsa yang sekarang ini tidak lagi terkesan tradisional di mata mereka.

Musa Surahman, kepala MTsN 2 Bantul dalam kesempatan Hari Batik ini mengungkapkan rasa bahagianya. “Pada hari ini anak-anak antusias mengenakan batiknya masing-masing dengan corak yang benaneka warna. Seneng sekali melihat generasi muda kita cinta batik. Mudah-mudahan warisan leluhur bangsa ini tetap terjaga,” ujar Musa. Lebih lanjut Musa meminta Waka Humas untuk mengabadikan momen penting ini dengan mendokumentasikan baik guru dan pegawai maupun siswa di tiap-tiap kelas usai pembiasaan karakter pagi. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.