Bantul (MTsN 2 Bantul) – Peningkatan kompetensi dan pengembangan diri, MGMP Bahasa Inggris MTs se-Kabupaten Bantul selenggarakan pertemuan yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Bantul. Agenda pertemuan adalah membedah Kurikulum Merdeka (Kurmer), meliputi Penyusunan Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Modul Ajar dan Asesmen. Sebagai narasumber adalah guru Bahasa Inggris MTsN 1 Yogyakarta, Ruslina Tri Astuti. Tiga guru Bahasa Inggris MTsN 2 Bantul yaitu, Agustina Suhartati, Sumartini, dan Susanti ikut serta dalam kegiatan tersebut. Hadir pula dalam pertemuan ini 30  guru bahasa Inggris MTs Negeri dan Swasta Se Kabupaten Bantul, (26/9/2023)

Kepala MTsN 1 Bantul, Hidayat dalam sambutannya menyampaikan selamat datang di kampus MTsN 1 Bantul untuk mengadakan pertemuan MGMP Bahasa Inggris. Hidayat sangat mendukung  dan apresiasi pada kegiatan MGMP ini. “Kegiatan seperti ini adalah untuk belajar bersama, tholabul ‘ilmi. Mengutip hadits Rasulullah, barang siapa yang keluar rumah untuk mencari ilmu, maka Allah akan mempermudah kita masuk syurga,” tutur Hidayat.

Ruslina Tri Astuti dalam pemaparannya menyampaikan materi terkait Kurmer (CP, TP, ATP, Modul Ajar dan Asesmen) secara runtut dan sangat jelas. Ruslina menegaskan, “Dalam Kurmer itu materinya sama dengan Kurikulum 2013. Pemilihan materi bisa didiskusikan dengan guru dalam satu madrasah, materi juga bisa ditukar letaknya mau di kelas 7, 8, atau 9.  Yang membuat bahasa Inggris berbeda dengan mata pelajaran yang lain, karena bahasa Inggris memiliki 6 elements yang dipadukan menjadi 3 yaitu menyimak dan berbicara, membaca dan memirsa, serta menulis dan mempresentasikan”, jelas Ruslina.

Lebih lanjut Ruslina memberikan contoh TP Bahasa Inggris Fase D, “TP itu ada KKO Taksonomi Bloom yaitu mengidentifikasi konteks, menjelaskan konteks, menganalisa struktur teks, dan merancang berbagai ragam teks”, ungkapnya. Di akhir pemaparannya Ruslina mengajak para guru Bahasa Inggris MTs kabupaten Bantul untuk berlatih merumuskan TP dengan memberikan contoh form yang harus diisi. Adapun materinya adalah  Announcement. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.