Bantul (MTsN 2 Bantul) — Masyarakat mengenal bulan Muharram sebagai bulan yang mengawali tahun baru Islam. Seperti jumlah bulan dalam penanggalan Masehi, dalam tahun Islam juga terdapat dua belas bulan. Muharram adalah bulan awal, seperti halnya Januari dalam kalender Masehi. Bulan Muharram ini punya makna penting dan posisi yang begitu spesial bagi umat muslim.

Peringatan 1 Muharram 1445 H di MTsN 2 Bantul dilaksanakan pada hari Jumat (28/07), bertempat di Mushola Raudhatul ‘Ulum. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, karyawan dan siswa MTsN 2 Bantul. Kegitan ini dibuka dengan sambutan dari Musa Surahman, selaku Kepala Madrasah. Untuk menghidupkan suasana, Musa Surahman memberikan tantangan kepada siswa yang berani maju ke depan dan menjawab pertanyaan dengan benar, maka akan mendapatkan hadiah. Beberapa siswa maju ke depan dan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan. Suasana menjadi hidup dan meriah karena beberapa siswa berhasil menjawab pertanyaan dengan benar dan mendapatkan hadiah yang dijanjikan.

Acara dilanjutkan dengan melantunkan sholawat barzanji, kemudian pemberian santunan kepada 37 siswa yatim/paiatu/yatim piatu. Santunan diberikan secara simbolik oleh Kepala Madrasah kepada beberapa siswa yatim. Acara berikutnya adalah pengajian yang dibawakan oleh Sukirman yang berhasil mencuri perhatian para siswa. Sukirman menceritakan kisah para nabi dengan gayanya yang jenaka, sehingga membuat para siswa merasa terhibur. Sebelum acara ditutup, penceramah memimpin para peserta untuk  berdoa bersama dengan khusyuk.

“Tujuan diadakannya perayaan tahun baru Islam ini adalah agar para siswa muslim mengingat tahun Islam dan juga mengingatkan siswa pada perjuangan Nabi Muhammad SAW yang pada zaman dahulu hijrah dari Mekkah menuju Madinah. Bukan hanya itu saja, tujuan lain diadakannya acara ini adalah untuk mengajak para siswa berhijrah menjadi manusia yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya yang berakhlak karimah,” ungkap Musa Surahman. (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.