Seldnadia dan Dzikra sedang membuka acara Maulid Nabi. (Dok. enn)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Maulid Nabi adalah kegiatan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dilakukan dengan mengenang kembali sejarah dan perjuangan hidup Rasulullah SAW. Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awwal dalam kalender Hijriah. Maulid Nabi berasal dari dua kata bahasa Arab yakni Maulid dan Nabi, kata Maulid memiliki makna yang sama dengan kata milad yang berarti “lahir” atau “kelahiran”, sedangkan kata Nabi yang dimaksud adalah Nabi Muhammad SAW. Berdasarkan pengertian tersebut, Maulid Nabi adalah kegiatan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. MTsN 2 Bantul tak kalah dengan segudang kegiatnnya. Salah satunya turut memperingati maulid nabi. Jum’at (29/9/2023) MTsN 2 Bantul memulai acara yang diselenggarakan di mushola itu tepat pukul 08.30. Diikuti oleh semua warga madrasah, mulai dari siswa, karyawan dan juga seluruh guru berkumpul di mushola. 

Acara yang dibawakan oleh Sedlnadia dan juga Dzikra ini dibuka dengan iringan musik hadroh ini dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Jihan Nur Rohmah. Nur Hadi selaku yang mewakili Kamad menyampaikan bahwasannya kegiatan hari ini dalam rangka menmperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, Nur meminta siswa untuk mengikuti acara ini dengan tenang dan tertib. Sementara itu St. Rofiqoh menyampaikan materi mengenai keuntungan memperingati maulid nabi, “pertama, yang memperingati maulid nabi akan mendapat pahala yang besar, akan dikumpulkan dengan orang-orang salih. Lalu yang kedua akan diberi syurga oleh Allah yang melakukan dengan penuh rasa ikhlas dan juga penuh cinta (pada nabi). Lalu yang ketiga akan mendapatkan ampunan siksa kubur.”

Dalam kegiatan ini MTsN 2 Bantul menggaet Kak Wawan sebagai pengisi acara. Kak Wawan bercerita tentang Kisah dan Muhammad dan juga keluarganya. Termasuk jaman kelahiran nabi hingga nabi wafat. Siswa dengan antusias mendengarkan materi dari Kak Wawan. Di penghujung acara Kak Wawan membagikan 10 doorprize untuk peserta teraktif. Anak-anak bersorak gembira mendapatkan doorprize. Ahmad Daris selaku tim keagamaan mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder MTsN 2 Bantul yang sudah membantu mensukseskan acara tersebut. “Terimakasih Bapak Ibu, Alhamdulillah acara peringatan maulid nabi berjalan dengan lancar, siswa antusias,” ungkapnya ketika di temui tim publikasi madsandaba. (dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.