Siswa MTsN 2 Bantul mencelupkan jari ke tinta tanda sudah Voting Pemilos. (dok:Eni)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Kegiatan Pemilos diadakan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan demokrasi bagi siswa sebagai calon pemilih pemula dalam kegiatan pemilihan umum. Dengan harapan para siswa memahami arti penting dari pemilihan umum, sehingga ke depan siswa sebagai pemilih pemula bisa mengambil peran aktif dalam setiap tahapan pemilihan umum. Baik pemilihan Legislatif, pemilihan Presiden, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati maupun pemilihan Lurah Desa.

Mengutip isi sambutan Apel Pemilos oleh Bupati Bantul di SMU N 2 Bantul, pada Kamis (7/9/2023), Pemilos ini merupakan bagian dari pendidikan demokrasi. Dengan Pemilos, siswa akan diberikan bekal dan wawasan berdemokrasi, yang pada saatnya nanti mereka akan memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas berdemokrasi di level lokal maupun nasional. Tata cara dan aturan dibuat serupa seperti pemilu yang sebenarnya, hal ini diharapkan akan mampu menjadi wahana belajar bagi seluruh siswa dalam menggunakan hak pilihnya.

Selain itu, Keberadaan OSIS akan mampu menjadi kawah candradimuka untuk membangun kepemimpinan baru yang berkarakter, sehingga akan muncul pemimpin muda yang berkepribadian positif dan kreatif, pribadi yang optimis, pribadi yang toleran, pribadi yang mencintai kemanusiaan, berjiwa gotong royong, serta punya rasa percaya diri. Kepemimpinan yang berkarakter haruslah dibangun sejak dini dan dimulai dari lingkungan keluarga dan sekolah.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala MTsN 2 Bantul, Musa Surahman, yang juga meminta siswa turut aktif menyukseskan Pemilos MTsN 2 Bantul yang digelar pada Rabu (06/09/2023) lalu. Pemilos yang luber jurdil menjadi salah satu hal yang harus ditegakkan untuk membentuk karakter demokratis siswa.

Musa juga menyampaikan bahwa MTsN 2 Bantul juga mengambil tema Demokrasi untuk pembelajaran P5RA kelas 7 yang tentunya dapat bersinergi dengan kegiatan ini. Jadi, pemilos bukan hanya sebagai ajang pesta demokrasi siswa tetapi juga menjadi sarana belajar Demokrasi bagi siswa kelas 7 dalam proses pembelajaran P5RA. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.