Tim PMR MTsN 2 Bantul dalam Kegiatan Latgab. (Dok. adt)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Palang Merah Remaja (PMR) merupakan suatu kegiatan yang bergerak dalam bidang kesehatan dan juga pemberian pertolongan pertama. Organisasi yang digaungi oleh PMI ini bertujuan membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi Relawan PMI pada masa depan. Dalam rangka hari ulang tahun PMR ke-78 maka PMI Kabupaten Bantul mengadakan kegiatan latihan gabungan. Latihan gabungan ini diikuti oleh PMR yang ada di tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Tak ketinggalan juga tim MTsN 2 Bantul yang dibina oleh Adhitya Arie mengikuti acara tersebut. Acara latihan gabungan ini diadakan di Lapangan Kebonagung Imogiri. Dimulai pada Sabtu (16/09/23) hingga Ahad (17/09/23) ini sukses membuat PMR MTsN 2 Bantul mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

Wahyu Ganesa dan rombongan mendapatkan pengalaman lapangan maupun materi yang tentunya akan menambah kecakapan mereka dalam menjalankan visi misi organisasi palang merah ini. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari pmi ke-78 dan sebagai program tahunan PMI Kabupaten Bantul untuk mewujudkan implentasi Tribhakti PMR pada relawan PMI di Kabupaten Bantul. “Seneng buu, ketemu sama temen-temen. Acara nya juga bagus, kita diberi materi dan langsung praktik,” ungkap Wahyu ketika ditemui tim publikasi.

Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah Kalurahan Kebonagung. Lapangan Kebonagung sebagai tempat peserta mendirikan tenda, gedung aula kelurahan dan SDN Kebonagung sebagai tempat untuk memberikan materi kepalang merahan dan bakti remaja pada peserta madya (tingkat smp) dan wira (tingkat sma). Kegiatan dimulai di hari sabtu dengan materi kepalang merahan dan koordinasi awal bakti remaja hingga sore hari.

Sabtu selepas isya ada kegiatan seminar remaja dan ditutup pentas seni dari PMR mula (tingkat SD). Kegiatan ini memberikan berbagai bentuk pelatihan seperti memberikan pertolongan pertama, donor darah, kesehatan remaja, siap siaga bencana dan sebagainya. Nantinya peserta diharapkan untuk menerapkan pengetahuan yang didapat di latgab ini di madrasah masing-masing. Mewujudkan Tribhakti PMR yang kedua: berbakti dan berkarya di masyarakat. Acara yang diselenggarakan oleh PMI Kabupaten Bantul dan diikuti oleh PMR mula, madya, wira dan KSR  di Kabupaten Bantul ini ditutup Bupati Bantul dan sukses membentuk kader PMR MTsN 2 Bantul menjadi lebih tangkas.

“Alhamdulillah rombongan aktie mengikuti kegiatan ini, senang lihat anak-anak bisa bersosialisasi dan responsive. Semoga menjadi kader PMR yang lebih tangguh kedepannya, pungkas Adhit selaku pendamping kegiatan. (dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.