Bantul (MTsN 2 Bantul) – Musa Surahman, Kepala MTsN Bantul menjadi pembina apel dalam rangkaian Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) pada Rabu (6/9) di halaman madrasah.  Apel diikuti oleh seluruh civitas akademika MTsN 2 Bantul. Pemilos merupakan gambaran dari pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) sebenarnya. Pemilos merupakan pembelajaran bagi siswa tentang demokrasi.  Melalui Pemilos para siswa akan meletakkan mandat kepada calon Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan positif demi mengharumkan nama madrasah dan juga memberikan ruang yang luas bagi pengembangan prestasi siswa.

Mengawali amanatnya, Musa Surahman menyampaikan tentang rencana lomba yang akan berlangsung minggu depan. “Perlu kita ketahui bersama bahwa minggu depan, tepatnya hari Rabu, 13 September 2023 MTsN 2 Bantul ditunjuk oleh kapanewon Jetis untuk mengikuti Lomba Upacara Tingkat Kabupaten Bantul. Oleh karena itu saya mengajak untuk petugas dan peserta upacara yang telah ditunjuk ikut dalam lomba tersebut untuk senantiasa bersungguh-sungguh dalam bertugas. Juara bukan satu-satunya tujuan kita tetapi kedisiplinan pada saat mengikuti lomba itu yang harus diperhatikan dan lakukanlah yang terbaik. Jika nanti akhirnya kita menjadi juara itu merupakan bonus untuk kita semua,” ungkap Musa.

Lebih lanjut terkait Pemilos, Musa menyampaikan tentang pentingnya memilih seorang pemimpin yang berkualitas. “Anak-anak akan mengerti apa saja dampak positif ketika kalian memilih calon pemimpin yang berkualitas dan juga dampak negatif jika kalian memilih pemimpin yang kurang berkualitas. Bagi siapapun nanti yang terpilih maka gunakanlah sebagai pembelajaran, pengalaman untuk menjadi pemimpin, sedangkan bagi yang belum terpilih juga jadikan pengalaman untuk belajar menjadi yang lebih baik lagi,” tandas Musa.

“Gunakanlah Pemilos ini sebagai media belajar menjadi calon pemimpin sejati, karena jika saatnya tiba nanti, estafet kepemimpinan bangsa ini akan ada di pundak kalian. Pesan saya, bagi para siswa yang menjadi calon Ketua OSIS dan pendukung calon Ketua OSIS, jadikanlah diri kalian sebagai ksatria, menghormati apapun hasil Pemilos yang telah diselenggarakan dengan jujur dan adil. Hormatilah calon dan pendukung calon Ketua OSIS yang lain,” pungkas Musa mengakhiri sambutannya. 

Rangkaian apel pagi diakhiri dengan orasi 4 calon ketua OSIS menyampaikan visi dan misinya. Selesai apel dilanjutkan dengan pemungutan suara secara langsung di ruang lab. IPA yang sudah di-setting seperti pada saat Pemilu yang sesungguhnya. Siswa per kelas dipanggil masuk ke ruangan untuk memilih calon ketua OSIS periode 2023-2024. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.