Bantul (MTsN 2 Bantul) – Rabu (30/08), Musa Surahman, Kepala MTsN 2 Bantul ikuti acara pembukaan PKM (Pekan Kompetisi Madrasah) tingkat Kabupaten Bantul tahun 2023 di MTsN 4 Bantul. Acara PKM ini sebelumnya dikenal dengan istilah Aksioma yang beberapa saat vacum. Tahun ini kembali digelar dengan nama baru PKM. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul (Kankemenag Bantul), Ahmad Shidqi hadir memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara PKM ini. Hadir pula Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Dikmad), Ahmad Musyadad, Pengawas Madrasah, seluruh Kepala MI, MTs, MA baik negeri maupun swasta, Kepala KUA Kapanewon Bantul dan tamu undangan lainnya. 

Ketua panitia PKM, Sugiyono dalam sambutannya melaporkan bahwa peserta PKM kali ini siswa jenjang MI, MTs, dan MA. “PKM ini diikuti 39 MI dari 40, 29 MTs dari 39, dan 21 MA dari 22 yang ada. Juara 1 akan diikutkan/dikirim untuk mengikuti PKM di tingkat provinsi pada bulan Oktober mendatang,” ungkap Sugiyono.

Lebih lanjut Sugiyono menyampaikan, “PKM ini dibagi menjadi tiga jenis lomba, yaitu Lomba Olah Raga yang terdiri dari lari sprint, tolak peluru, badminton, tenis meja, dan catur, Lomba Seni Islami yaitu MHQ, MTQ, Kaligrafi dan Hadrah, Lomba Khitobah (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) dan Lomba Khutbah. Pelaksanakan lomba selama dua hari, Rabu dan Kamis, (30-31/8), Adapun tempatnya di MTsN 4 Bantul, MAN 1 Bantul, MAN 2 Bantul, GOR Guwosari, GOR Pleret dan Lapangan Timbulharjo, ” imbuhnya.

Ahmad Shidqi dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara mengatakan bahwa PKM ini merupakan ajang kompetisi dan juga ajang silaturahmi antar madrasah. “Selain itu juga menjadi ajang pembuktian kepala madrasah unggul, meskipun ada juga sebagian kepala madrasah yang mengatakan menang itu bukan segala-galanya sehingga terkadang timbul degradasi, siswa menjadi kurang semangat untuk berprestasi. PKM ini bagi siswa dapat meningkatkan bakat dan minat mereka. Untuk panitia yuri, PKM ini merupakan ajang profesionalisme, sehingga bisa obyekif dalam memilih anak didik kita yang terbaik,” ungkap Shidqi.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak, panitia atas terlaksananya PKM ini terlebih tuan rumah yang menjadi ajang kompetisi. Harapannya kegiatan ini semoga bisa berjalan dengan lancar sukses dan  menghasilkan bibit unggul yang hebat untuk maju di tingkat provinsi,” pungkasnya. 

Musa Surahman yang hadir sebagai kepala madrasah sekaligus panitia PKM berharap agenda PKM bisa berjalan dengan baik tanpa kendala dan kontingen MTsN 2 Bantul bisa pulang membawa kemenangan. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.