1 Desember 2023
TOT Pemilos yang dihadiri oleh tim Pemilos MTsN 2 Bantul. (dok:yis)

Bantul (MTsN 2 Bantul) –┬áPemilos merupakan miniatur pemilu sebagai ajang pembelajaran demokrasi untuk siswa. Melalui penyelenggaraan Pemilos, siswa mengenal pemilu sebagai icon keberlangsungan demokrasi di Indonesia dan poin-poin penting dalam pemilu. Hal inilah yang menjadi dasar bagi KPU, Diskominfo, Kesbangpol, Dikpora, dan Kemenag bekerjasama dalam penyelenggaraan Pemilos secara serentak di sekolah maupun di madrasah.

Senin (21/8/2023) Kesbangpol memfasilitasi pertemuan TOT Pemilos untuk SMK/SMA/MA/MTs/SMP tahun 2023. Turut hadir dalam TOT Pemilos tersebut, Yulian Istiqomah, Pembina bersama Ketua OSIS MTsN 2 Bantul. Dalam kegiatan yang bertempat di SMA 2 Bantul tersebut, dijelaskan segala prosedur, tahapan, dan logistik yang diperlukan dalam pemilos. 

Tahun ini Pemilos akan kembali dilaksanakan secara serentak dengan dilaunching oleh Bupati Bantul pada tanggal 4-5 Agustus 2023 untuk SMK/MA/MAN dan tanggal 6-7 Agustus untuk MTs/SMP. Adapun jadwal untuk MTsN 2 Bantul masih menunggu penjadwalan. Pemilos dilaksanakan semi konvensional. Alur pemilos konvensional, namun voting pemilos berbasis digital dengan aplikasi EVOSS. Aplikasi EVOSS ini satu-satunya di Indonesia yang didesain khusus untuk pemilos pelajar. 

Yulian menyampaikan bahwa untuk MTsN 2 Bantul sendiri sudah 2 kali mengikuti Pemilos Serentak yang berbasis Digital. Tahun ini berarti yang ketiga. Dua tahun sebelumnya MTsN 2 Bantul senantiasa memperoleh piagam penghargaan sebagai Sekolah teraktif dengan tingkat partisipan pemilos antara 90-100%.

Lebih lanjut Yulian menyampaikan, tahun ini ada tingkat yang lebih rit dari sebelumnya, yakni pada IT. Voting dengan basic aplikasi digital, tidak semudah voting dengan contreng kertas suara. Kendala teknis dan kurangnya informasi yang dipahami siswa akan menjadi kendala utama yang harus dapat diantisipasi dan diatasi. 

“Tim Pemilos harus mampu bekerjasama dengan baik dan tanpa lelah agar dapat menyamakan prestasi dengan Pemilos tahun lalu. Bismillah serumit apapun tahun ini kendala yang akan dihadapi, insyaallah pasti BISA.” Jelas Yulian optimis. 

Yulian berencana segera melanjutkan langkah untuk mempersiapkan kandidat calon pengurus OSIS maupun calon Ketua OSIS untuk merumuskan visi misi dan orasi. Selain itu, ia juga berharap bisa berkoordinasi dengan tim P5RA agar turut menyukseskan Pemilos tahun ini. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.