Bantul (MTsN 2 Bantul) – Sebanyak 10 siswa anggota Dewan Penggalang (DP), yang terdiri dari 3 siswa putra  dan 7 siswa putri  pada hari tersebut akan melaksanakan praktek  ujian TKK bersepeda. Mereka adalah siswa siswi kelas 8 dan 9. Hari Minggu (17/09) meskipun hari libur sekolah, tampak beberapa siswa hadir di MTsN 2 Bantul dengan membawa sepedanya masing-masing dengan berseragam pramuka lengkap, Minggu (17/9/2023).

Salah satu hal yang menarik dari Pramuka adalah adanya apresiasi yang diberikan kepada anggota Pramuka. Apresiasi itu berupa pemberian Tanda Kecakapan Khusus (TKK), tanda ini menjadi bentuk apresiasi atas keterampilan atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam bidang tertentu. Adapun pencapaian yang dimaksud, seperti kecakapan, keterampilan, kemampuan, sikap, dan ketangkasan.

Menurut Tugiyo, Waka Kesiswaan MTsN 2 Bantul mengatakan, “Ujian TKK bersepeda ini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan TKK bersepeda. Anggota DP akan menempuh jarak kurang lebih 20 km. Start dan finish di MTsN 2 Bantul. Adapun rute perjalanan dimulai dari MTsN 2 Bantul  menuju ke arah timur sampai ke Srihardono – Imogiri – Lapangan Kebonagung dan kembali ke MTsN 2 Bantul”.

Menurut pembina Pramuka MTsN 2 Bantul, Jimin, “Anak-anak telah menjalankan ujian dengan baik dan tidak ada kendala. Alhamdulillah semua berjalan lancar dari awal sampai akhir. Selanjutnya 10 Anggota DP berhak mengenakan TKK bersepeda. Artinya mereka sudah lulus semua,” tandasnya. 

TKK bersepeda ini termasuk dalam ketangkasan dan kesehatan. Bersepeda sangat dibutuhkan untuk mengukur ketangkasan, anggota Pramuka sudah mampu menempuh jarak yang cukup jauh. Dalam hal kesehatan, bersepeda mampu menyehatkan tubuh anggota pramuka.(Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.