Upacara hari Pramuka di MTsN 2 Bantul. (dok. enn)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Hari ini, Senin (14/8/2023) bertepatan dengan hari pramuka yang ke-62. Dengan mengusung tema Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional. Diharapkan pramuka Indonesia dapat menjadi pelopor gerakan yang cinta tanah air. Gerakan Pramuka genap berumur 62 tahun pada 2023 ini, sehingga unsur-unsur logo tersebut juga secara visual membentuk angka 62 atau enam dan dua. Selain itu, di sisi kanan juga didampingi logo tunas kelapa yang merupakan logo Gerakan Pramuka. Makna keseluruahn logo ke-62 tahun Gerakan Pramuka ini diharapkan dapat membangun citra positif gerakan pramuka ke depan, tentunya dengan mempersiapkan dan melibatkan sumber daya manusia atau SDM yang professional dan porposional.

Upacara khusus MTsN 2 Bantul kali ini adalah dalam pelaksanaan menggunakan baju pramuka lengkap baik dari guru, karyawan hingga seluruh siswa dan peserta upacara. Upacara yang dilaksanakan pukul 07.00 wib itu dapat berjalan dengan khidmat dan lancar. Ditengah-tengah proses upacara ada pelafalan Tri Satya, Dasa Dharma Pramuka dan juga Pembukaan UUD 1945. Hal ini terbilang khusus karena prosesnya berdebda dengan upacara-upacara yang lain.

Musa Surahman, selaku kepala madrasah yang menjadi pembina upacara saat itu menyampaikan pesan-pesan untuk seluruh siswa. Salahsatunya agar mencintai lingkungan dan juga dapat menjadi contoh dalam pelaksanaan mencintai tanah air. Musa juga menyampaikan para siswa agar giat belajar guna menghadapi perkembangan zaman. “Anak-anak yang saya sayangi, Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti “sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya”. Gerakan pramuka, khususnya di madrasah ini merupakan contoh kegiatan yang bertujuan mulia, yaitu mendidik generasi melakukan hal positif sesuai dengan norma masyarakat yang belaku, menyiapkan mental yang kuat dan kokoh untuk menjaga keutuhan NKRI. Salam Pramuka!!!,” pungkas Musa di akhir amanatnya.

Musa berharap siswa-siswi mengikuti ekstrakulikulier pramuka dengan semangat, dan juga mengamalkan Tri Satya, Dasa Dharma Pramuka serta menerapkan hymne pramuka dalam kehidupan sehari-hari. (dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.