2 Maret 2024
Prosesi serah terima siswa secara simbolis oleh Kepala Madrasah kepada Ketua Komite Madrasah. (dok: eni)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Raut bahagia dan ceria terpancar dari wajah para wisudawan/wisudawati MTsN 2 Bantul. Sabtu (10/6/2023), MTsN 2 Bantul menggelar acara Haflah Muwadda’ah (Wisuda Purna Siswa) Kelas IX tahun ajaran 2022/2023 yang bertempat di halaman tengah madrasah. Acara yang dimulai dari pukul 07.00 hingga 12.00 ini juga disiarkan secara live streming melalui Chanel Youtube MTs N 2 Bantul. Acara ini dihadiri oleh siswa kelas IX beserta walinya, bapak/ibu guru dan karyawan MTsN 2 Bantul serta beberapa tamu undangan. Ada yang istimewa dari acara wisuda kali ini yaitu dengan digelar Pameran Seni Rupa yang merupakan hasil karya siswa kelas IX dengan mengusung tema “Mawarni Warni”.

Acara wisuda diawali dengan kirab wisudawan, kemudian panggung dibuka dengan menampilkan Hadroh dan dilanjutkan dengan Tari Sintren dan Tari Kreasi Ondel-Ondel. Acara berikutnya yaitu pembacaan ayat suci Al Quran, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pada kesempatan ini, Madrasah memberikan penghargaan pada 3 siswa yang memperoleh ranking 3 besar ASPD dan juga memberikan penghargaan khusus bagi 6 siswa yang rajin beribadah.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Musa Surahman selaku Kepala Madrasah. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan wejangan kepada wisudawan dan walinya. “Ciptakan komunikasi yang baik di rumah, anak-anak jangan dibiarkan berdiam di kamar dan hanya bermain gadget seharian. Bermain gadget akan menciptakan fenomena  BLAST : Boring (bosan), Lonely (kesepian), Angry (marah), Stress (tertekan), Tired (Lelah). Berikan dukungan sosial pada anak dengan mendampingi dan menciptakan komunikasi yang baik sehingga anak terhindar dari situasi-situasi tersebut,” pesan Musa Surahman. Berikutnya merupakan prosesi serah terima siswa yang  secara simbolis dilakukan oleh Kepala Madrasah dan Ketua Komite Madrasah. Tak ketinggalan setelah itu, Ibu Etyk Nurhayati, selaku Pengawas MTsN 2 Bantul, memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau berpesan pada siswa untuk tetap menjaga sholat 5 waktu, berbakti kepada orangtua dan guru, serta menjaga nama baik almamater.

Selepas sambutan-sambutan, prosesi wisuda dimulai dari kelas IX A hingga kelas IX E. Satu persatu wisudawan dan wisudawati naik ke panggung untuk menerima SKL dan samir yang disematkan oleh wali kelasnya. Acara dilanjutkan dengan persembahan kata pamit dari perwakilan wisudawan dan wisudawati. Berikutnya adalah prakata ketua panitia Pameran Karya Siswa, dilanjutkan dengan lantunan lagu Perahu Kertas yang dibawakan dengan apik oleh siswi kelas VII. Berikutnya, acara ditutup dengan doa dan foto bersama. (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.