26 Februari 2024
Suasana Pengumuman PPDB Reguler di Mushola Raudhatul ‘Ulum MTsN 2 Bantul (dok.agt)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Serangkaian PPDB sudah paripurna. MTsN 2 Bantul yang membuka jalur reguler dan prestasi ini mengumumkan hasil PPDB regular pada hari ini, Kamis (22/06/23). Dimana hasil PPDB jalur prestasi sudah diumumkan sebelumnya. Orangtua calon peserta didik baru mendapat pemberitahuan melalui grup ­whatsapp untuk dapat hadir ke madrasah dalam rangka pengumuman hasil seleksi PPDB Reguler. Bertempat di Mushola Raudhatul ‘Ulum perlahan orangtua dan siswa memadati mushola. Berjejer panitia PPDB menyambut kedatangan orangtua dan calon siswa MTsN 2 Bantul.

Panitia menyeleksi calon peserta didik dengan ketat, dibuktikan dengan adanya beberapa tahap dan proses. Bukan hanya panitia PPDB yang menguji calon siswa, akan tetapi Musa Surahman, selaku kepala madrasah juga turun langsung menguji calon siswa MTsN 2 Bantul. Sebelum pengumuman panitia sudah rapat pleno dengan memperhatikan setaip aspek dari calon peserta didik, baik dari nilai raport, nilai ASPD maupun nilai wawancaranya. Hal ini ditujukan agar siswa yang benar-benar sesuai dengan kualifikasi yang bisa lolos seleksi.

Acara yang dimulai dengan doa ini mulai pukul 08.00. Setelah itu ada beberapa arahan dari Nurhadi dan Tugiyo selaku panitia PPDB MTsN 2 Bantul. Nurhadi menyampaikan selamat datang, ahlan wa sahlan di MTsN 2 Bantul. Dalam arahannya Nurhadi menyampaikan beberapa point, salah satunya agar orangtua calon siswa memperhatikan tahap-tahapnya dan juga benar-benar bekerjasama demi kesuksesan peserta didik, bersama-sama menjadikan siswa siswi yang solih solihah, bermanfaat bagi sesama dan juga dapat mengangkat harkat martabat orangtua. “Kemarin ada 230 pendaftar jalur reguler, tapi kami hanya mengambil sebanyak 135. Artinya kami benar-benar selektif,” ungkap Nurhadi. Disampaikan juga MTsN 2 Bantul menerima 135 siswa dari jalur reguler, 8 siswa dari jalur prestasi, serta 17 siswa lainnya dari jalur afirmasi dan lingkungan.

Tugiyo yang juga selaku panitia PPDB MTsN 2 Bantul menyampaikan bahwa MTsN 2 Bantul adalah MTsN yang berbasis Tahfidz, Literasi dan juga Riset. Oleh karena itu siswa akan dibimbing untuk bisa membaca Al-Qur’an hingga menghafalnya, Karena hal ini adalah menjadi salah satu syarat kenaikan kelas. Dan juga siswa diharapkan dapat berliterasi hingga bisa menjadi calon-calon ilmuwan yang didukung dengan program-program riset MTsN 2 Bantul. “Bapak-ibu kami mohon pendampingannya ketika di rumah, kami di madrasah akan berusaha menjaga sholat dan hafalan siswa. MTsN 2 Bantul masuk pukul 06.50 bapak ibu, karena sebelum pelajaran dimulai ada sholat dhuha terlebih dahulu,” pungkas Tugiyo.

Dalam akhir acara Nurhadi juga menyampaikan permohonan maaf bila dalam proses PPDB ini banyak kekurangan, terutama yang menghubungi melalui whatsapp dan belum terbalas atau tidak terangkat (telepon). Nurhadi berharap semoga orang tua dan calon siswa dapat bersinergi mengantarkan siswa- siswi yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik serta memiliki akhlak yang baik. Aamiin. (dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.