Bantul (MTsN 2 Bantul) – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang sains. Melalui KSM siswa mampu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama serta menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat di kalangan siswa madrasah. KSM yang merupakan kegiatan kompetisi tahunan kembali digelar mulai 8-10 Juli 2023 dari jenjang MI, MTs, dan MA. Tahun 2023 ini MTsN 2 Bantul kembali dipercaya oleh Kementerian Agama Kabupaten Bantul untuk menjadi Titik Lokasi (Tilok) pelaksanaan KSM jenjang MTs pada Ahad, (9/7).

Musa Surahman, Kepala MTsN 2 Bantul beserta jajarannya telah menyiapkan sedemikian rupa untuk kelancaran pelaksanaan KSM ini, baik persiapan tempat, komputer maupun jaringan internet. “Insya Allah segala sesuatunya sudah siap untuk pelaksanaan KSM besok pagi. Semoga semuanya berjalan dengan lancar tidak ada kendala apapun,” ungkap Musa. Musa juga menyampaikan bahwa beberapa waktu yang lalu perwakilan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Anita Isdarmini telah meninjau lokasi dan dua hari sebelumnya, Kamis (6/7) telah dilaksanakan uji coba KSM dan alhamdulillah berjalan lancar tidak ada kendala baik komputer yang digunakan maupun sistemnya.

Ahad (9/7) pada saat hari pelaksanaan KSM, Bahtiar Wiwit Dwiyanto selaku proktor menyampaikan bahwa jumlah peserta yang ikut berkompetisi dalam KSM tingkat Kabupaten tahun ini adalah sebanyak 123 orang yang terdiri dari cabang Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi dan IPS Terpadu Terintegrasi.

Adapun madrasah atau sekolah yang ikut berpartisipasi dalam ajang KSM MTs kali ini sebanyak 25 sekolah. Pelaksanaan lomba dilaksanakan dalam 3 sesi, tiap sesi diikuti 41 siswa. Sesi pertama adalah Matematika Terintegrasi dari pukul 07.30-09.30 WIB, sesi kedua IPA Terpadu Terintegrasi pukul 10.00-12.00 WIB dan sesi ketiga IPS Terpadu Terintegrasi pukul 12.30-14.30 WIB.

“Alhamdulillah pelaksanaan KSM tingkat kabupaten di MTsN 2 Bantul telah usai dan berjalan dengan lancar baik dari aspek teknis maupun non teknis. Terima kasih kepada proktor, teknisi, pengawas dan tim pendukung yang telah bekerja dari pagi hingga sore hari meskipun dalam situasi hari libur. Semoga apa yang kita lakukan bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Untuk anak-anak kita yang ikut berkompetisi, semoga mendapatkan hasil yang terbaik,” harap Musa setelah selesai pelaksanaan KSM. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.