2 Maret 2024

Bantul (MTsN 2 Bantul) – MTsN 2 Bantul menggelar kegiatan uji publik untuk Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Rabu (5/7) di Ruang Laboratorium IPA MTsN 2 Bantul. Hadir dalam acara tersebut Anita Isdarmini, JFT Pengembangan Teknologi Pembelajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Ahmad Musyadad, Kasi Dikmad Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bantul, Etyk Nurhayati, Pengawas Madrasah Kantor Kemenag Bantul, Ketua dan Pengurus Komite MTsN 2 Bantul, Ketua dan Pengurus POT, dan perwakilan dari siswa MTsN 2 Bantul.

Musa Surahman, Kepala MTsN 2 Bantul dalam sambutannya menyampaikan bahwa kurikulum yang akan diujipublikkan kali ini adalah kurikulum untuk tahun ajaran baru Juli mendatang. “Kenapa ada 2 dokumen, karena Tahun Pelajaran 2023/2024 mendatang madrasah akan memberlakukan Kurikulum Merdeka untuk kelas VII, sedangkan untuk kelas VIII dan IX masih menggunakan Kurikulum 2013. Apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada tim pengembang kurikulum yang telah bekerja keras dalam merumuskan KOM dan KTSP ini,” ungkap Musa. “Monggo nanti kita cermati bersama, apakah masih perlu ditambah atau dikurangi demi sempurnanya kedua dokumen ini,” ajaknya.

Ahmad Musyadad juga memberikan apresiasi pada MTsN 2 Bantul atas tersusunnya KOM dan KTSP ini. “Dokumen ini sebelum diujipublikkan tentunya telah melalui beberapa proses yakni evaluasi diri madrasah, review dan baru diujipublikkan. Bapak/Ibu semua masih bisa mengusulkan mulok yang perlu dimasukkan dalam KOM agar ke depannya benar-benar mengembangkan madrasah dengan baik. Madrasah itu ibarat supermarket, semua yang dibutuhkan masyarakat ada di dalamnya, siswa yang sholih dan sholihah, siswa yang hafalannya bagus, siswa yang nilai ASPDnya bagus, siswa yang trampil. Itu yang diharapkan masyarakat ketika menitipkan putra putrinya sekolah di madrasah. Sekali lagi apresiasi dan selamat kepada MTsN 2 Bantul, semoga kurikulum yang diujipublikkan dapat mengembangkan madrasah kearah yang lebih baik, siswa berprestasi dan mandiri,” tandasnya.

Waka Kurikulum, Lestari Supriyati memberikan pengantar mengenai KOM yang akan diuji publik dan selanjutnya menyampaikan pemaparannya. Anita Isdarmini memberikan tanggapan terhadap KOM yang dipaparkan yakni terkait 3 tema dan mapel yang terkait dengan tema tersebut. Ia memberikan masukan untuk memasukkan semua mapel ke dalam setiap tema, jadi tidak hanya menjadi tanggung jawab mapel tertentu tetapi tanggung jawab semua mapel yang ada. 

“Apresiasi yang luar biasa kepada tim pengembang kurikulum MTsN 2 Bantul atas penyusunan KOM dan KTSP ini. Dokumen tersusun dengan tepat waktu, rapi dan lengkap. Uji publik KOM dan KTSP ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi pengembangan kurikulum MTsN 2 Bantul,” ungkap Anita. “Terakhir saya nitip pesan jangan sampai bapak/ibu guru tidak berpedoman pada KOM dan KTSP dalam melaksanakan tugasnya. Kemudian bagi para guru yang akan melaksanakan kurikulum merdeka, agar tidak hanya mengubah dokumen kurikulum, tetapi juga mengubah orientasi dan pendekatan dalam proses pembelajaran,” pungkasnya. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.