Bantul (MTsN 2 Bantul) – MTsN 2 Bantul selenggarakan Upacara Pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) di halaman madrasah, pada Kamis (13/07). Upacara diikuti oleh seluruh peserta didik baru, guru dan pegawai MTsN 2 Bantul. Kepala MTsN 2 Bantul, Musa Surahman membuka acara Matsama secara resmi, ditandai dengan penyematan nama peserta diwakili 2 peserta didik baru dan selanjutnya diikuti oleh peserta yang lain.

Dalam sambutannya Musa menyampaikan bahwa Matsama bertujuan untuk memperkenalkan madrasah kepada peserta didik baru. Matsama merupakan kegiatan pengenalan bagi siswa MTs terhadap lingkungan barunya.

Menurut Tugiyo, selaku ketua panitia Matsama, menyampaikan bahwa kegiatan Matsama akan dilaksanakan pada tanggal 13,14,15 Juli 2023,  diikuti oleh 157 peserta dibagi menjadi 5 kelompok, yakni Al Farobi, Al Ghozali, Ikhwan As Shofa, Ibnu Sina dan Ibnu Khaldun. Peserta diwajibkan membuat cocard ukuran kertas 23cmx15cm terbuat dari kertas asturo/bufalo bertuliskan nama panggilan dengan dibuat kalung dengan tali rafia sesuai dengan warna kertas. Selain itu siswa diminta membuat nama untuk ditaruh di atas meja.

Materi Matsama tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu materi wawasan madrasah, pengenalan GTK dan wawasan moderasi beragama, metode/model pembelajaran dan wawasan KOM, sejarah MTsN 2 Bantul. Sedangkan tambahan materi yang lain adalah tata tertib dan PHBS (Adiwiyata), literasi, pengenalan lagu madrasah dan lagu nasional, sosialisasi perpustakaan, pengenalan program peminatan ekstra/bakat dan prestasi, dan wawasan potensi kearifan lokal madrasah. Peserta juga sejak dini dibiasakan melakukan kegiatan pembiasaan karakter berupa sholat dhuha dan dhuhur berjamaah juga keputrian. Sebagai pemateri adalah guru MTsN 2 Bantul sebanyak 16 orang. Pada hari terakhir sebagai narasumbernya adalah dari Puskesmas Kapanewon Jetis yang akan diisi dengan aksi bergizi dan senam sehat. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.