24 September 2023
Kepala Madrasah berfoto bersama orang tua siswa-siswi peraih nilai tertinggi. (aj)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Sabtu (10/6) MTsN 2 Bantul selenggarakan Haflah Muwadda’ah atau wisuda purna siswa kelas IX tahun pelajaran 2022/2023 sekaligus acara penyerahan kembali siswa kepada orang tua/wali siswa. Wisudawan wisudawati berjumlah 153 dari 5 kelas yang dua hari sebelumnya, Kamis (8/6) telah dinyatakan LULUS 100% dalam sidang kelulusan yang diikuti oleh seluruh guru MTsN 2 Bantul di ruang Lab. IPA. 

Untuk memantapkan kelulusan siswa tersebut, digelar wisuda purna siswa yang diikuti oleh siswa, orang tua/wali siswa, guru dan pegawai MTsN 2 Bantul. Turut hadir tamu undangan baik dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bantul, komite madrasah dan kepolisian Kapanewon Jetis. Sehari sebelumnya (9/6) jelang pelaksanaan wisuda, diadakan gladi bersih untuk siswa sebagai persiapan agar saat pelaksanaan kirab dan prosesi wisuda bisa berjalan lancar. Adapun dress code yang harus dikenakan siswa pada saat wisuda adalah pakaian adat Jawa gagrak Ngayogyokarto Hadiningrat.

Pelaksanaan Haflah Muwadda’ah diawali dengan kirab wisudawan wisudawati pada pukul 07.30 WIB. Iring-iringan kirab terdiri dari pembawa bendera, 4 penari, kepala madrasah, kepala TU, wakil kepala madrasah, wali kelas IX, guru dan pegawai memasuki arena wisuda diiringi Gendhing Ketawang Ibu Pertiwi. Sebagai petugas panyondro iring-iringan dipercayakan kepada Mugiyanto yang lihai dan fasih berbahasa Jawa. Nuansa busana Jawa yang dikenakan siswa dan guru menambah sakral dan indahnya suasana wisuda.

Pra acara diisi dengan penampilan hadroh, tari Ondel-Ondel Modern, tari Sintren dan juga lagu solo yang ditampilkan oleh siswa siswi kelas VII dan VIII. Selanjutnya yang paling menarik dan mengejutkan siswa adalah pemberian reward kepada siswa berprestasi. Reward pertama diberikan pada tiga peringkat teratas nilai ASPD yaitu Siti Nur Alifah (9C), Nafisa Dwi Azzahra (9B) dan Wildan Abid Zainuri (9B). Selanjutnya pemberian reward kepada peringkat 1 pada setiap kelas yakni Alifa Aulia Az-Zahra (9A), Rismanda Alifia Rahma (9B), Alvita Ayu Istiqomah (9C), Keiza Kirana Mentari (9D) dan Echa Shafa Ramadhani (9E).

Penghargaan ketiga diberikan pada para siswa yang rajin sholat yaitu Aditya Dimas Ramadhan, Latisa Putri Kirania, Mohammad Rizki Nur Rullah, Muhammad Naufal Afif Khairullah, Muhammad Ridwan Rifai, dan Wildan Abid Zainuri. Mereka semua adalah siswa kelas IX B yang senantiasa menjaga Sholat ‘Ashar ketika les berakhir. Selain 3 penghargaan tersebut masih banyak reward yang diberikan kepada siswa dari para guru pembimbing yaitu tiga peringkat terbaik nilai Bahasa Indonesia, terbaik pertama Matematika dan terbaik pertama IPA. Reward yang diberikan pada siswa berupa sertifikat, uang pembinaan, dan bingkisan.

Musa Surahman, Kepala MTsN 2 Bantul menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangganya pada para siswa berprestasi. “Selamat kepada anak-anakku yang telah mendapatkan penghargaan dengan kategori masing-masing. Sungguh kita merasa bangga pada kalian semua. Teruslah berprestasi dimanapun kalian berada, pesan kami tetap jaga sholatmu dan berbaktilah selalu pada orang tua dan bapak ibu gurumu,” ucapnya. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.