26 Februari 2024
Siswa membawa buku yang dipinjam (dok. dee)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Senin minggu ketiga dibulan Juli ini merupakan hari pertama siswa masuk di ajaran baru. Siswa kelas 7, 8 maupun 9 telah memasuki kelasnya masing-masing. Bapak ibu guru karyawan serta fasilitas-fasilitas yang ada guna mendukung kegiatan belajar mengajar sudah disiapkan sedemikan rupa oleh madrasah. Tak terkecuali buku-buku pendamping. Perpustakaan merupakan tempat yang mengelola perbukuan tersebut tak kalah gesit. Terbukti di hari pertama sekolah Senin (17/7 2023) siswa sudah dijadwalkan untuk meminjam buku paket.

Pustakawan yang telah menyiapkan kartu pinjam serta buku paket siswa bertujuan untuk memperlancar dan mengehemat waktu peminjaman. Dalam mekanismenya, masing-masing kelas diberi waktu sekitar 15 menit, dan siswa diminta untuk menuliskan nomer inventaris buku dalam kartu pinjam di kelas masing-masing. Kemudian kartu pinjam dapat dikumpulkan ke perpustakaan melalui ketua kelas masing-masing.

Yustini Arti, selaku kepala perpustakaan Raudhatul ‘Ulum MTsN 2 Bantul beraharap dengan adanya proses peminjaman buku paket di awal pembelajaran dapat memperlancar proses belajar mengajar, dan juga siswa dapat menyiapakn materi yang akan dipelajari sebleumnya. Sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang dipelajari. “Kami perpustakaan berusaha berbenah dalam segala hal, termasuk dalam hal layanan. Nanti biar anak bisa baca-baca dulu di rumah, jadi di madrasah siswa siap menerima dan menelaah materi bersama,” ungkap Yustin tatkala diwawanacari tim publikasi. Yustin juga menambahkan bahwa peminjaman hari Senin untuk kelas 8 dan Selasa untuk kelas 9. Sementara kelas 7 menggunakan buku kurikulum merdeka yang digunakan secara bergantian.

Dengan adanya percepatan peminjaman buku paket, madrasah berharap agar dapat mempermudah siswa dalam memahami materi, dan juga sebagai upaya memberikan layanan yang maksimal bagi pemustaka.(dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.