Pembukaan PERKARI MTsN 2 Bantul tahun 2023. (Dok:yis)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Perkemahan Pramuka Mandiri atau yang akrab disebut PERKARI ini dilaksanakan oleh MTsN 2 Bantul secara rutin. PERKARI merupakan program tahunan ekstrakurikuler Pramuka yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas VII. Kegiatan ini telah berlangsung pada Kamis-Sabtu (18-20/05/2023) lalu di Bumi Perkemahan Memorial Camp yang terletak di desa Banguncipto, Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan PERKARI oleh kepala MTsN 2 Bantul, Musa Surahman, S.Ag. Disaksikan oleh kepala madrasah, para siswa yang bertugas dalam upacara pembukaan tersebut tampil memukailu, khususnya pada saat pelafalan Teks Pancasila, Pembukaan UUD 45, dan Dada Darma Pramuka. Ketiga petugas tersebut, yakni Fawwaz, Fersiana, dan Afrita yang tergabung dalam Dewan Ambalan Pramuka MTsN 2 Bantul ini tampil memukau dengan tenang, tegas, dan lantang. Meskipun tanpa persiapan yang matang, mereka tampak tenang karena telah menghafal dengan baik.

Upacara pembukaan yang kurang lebih menghabiskan waktu enam puluh menit itu, berlangsung khidmat. Musa Surahman, berpesan bahwa kegiatan PERKARI ini menjadi wadah untuk latihan hidup mandiri, jauh dari orang tua, dan agar setelah kegiatan ini selesai segala pembiasaan baik dapat terus dilakukan di rumah siswa masing-masing. 

“Dengan menjalani PERKARI, hidup mandiri selama 3 hari di sini, juga jauh dari orang tua, semoga kalian dapat lebih menghargai keberadaan dan perjuangan orang tua di rumah,” imbuhnya. 

Kegiatan setelahnya upacara pembukaan tersebut masih berlanjut dengan kegiatan paket 1, berbagai lomba, dan jurit malam, sebelum akhirnya mengembara ke alam mimpi di bawah naungan bumi perkemahan Memorial Camp untuk pertama kalinya. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.